Pelaksanaan Pelayanan Publik Di Kantor Lurah Sekip Jaya Kecamatan Kemuning Kota Palembang

Main Article Content

Marifahtullah Marifahtullah
Febriyanti Febriyanti
Zulkipli Zulkipli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Lurah Sekip Jaya Kecamatan Kemuning Kota Palembang dan faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melibatkan Lurah, sekretaris lurah, kasi pemerintahan, dan masyarakat sebagai informan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sementara analisis data menggunakan reduksi data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Lurah Sekip Jaya, Kecamatan Kemuning, Kota Palembang, telah berjalan cukup baik. Terdapat koordinasi yang baik dalam menjalankan prosedur, menetapkan waktu dan biaya, memberikan pelayanan dan fasilitas, serta adanya motivasi, komunikasi, dan koordinasi yang mendukung. Hal ini mencerminkan adanya upaya yang sistematis dan terorganisir dalam memenuhi kebutuhan masyarakat serta meningkatkan kualitas pelayanan publik di tingkat lokal. Faktor pendukungnya termasuk komitmen pegawai, kekompakan, dan kesadaran. Namun, terdapat hambatan seperti sarana dan prasarana yang kurang memadai, pelayanan yang belum optimal, pengorganisasian yang belum efektif, dan kekurangan kemampuan pegawai dalam menangani tugas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Marifahtullah, M., Febriyanti, F., & Zulkipli, Z. (2024). Pelaksanaan Pelayanan Publik Di Kantor Lurah Sekip Jaya Kecamatan Kemuning Kota Palembang . EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(4), 202–211. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i4.3267
Section
Articles

References

Afandi, M., & Afandi, S. A. (2018). Implikasi Tata Kelola Sektor Publik Era Reformasi. Palembang: Tunas Gemilang.

AG, S. (2005). Pelayanan Publik Yang Efisien, Responsif Dan Non Partisipan Dalam Buku Mewujudkan Good Governance Dalam Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Agustina, A. D., & Ismiyati, I. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Ditinjau dari Aspek Tangible, Reliability, Responsiviness, Assurance, dan Empathy. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1234-1248.

Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Destiani, C., Lumba, A. F., Wenur, A. S., Halim, M. A., Effendi, M. E., & Dewi, R. A. R. M. (2023). Etika Profesi Polisi Republik Indonesia sebagai Perangkat Penegak Hukum dan Pelayanan Publik. Jurnal Pengabdian West Science, 2(06), 427-441.

Dewi, R. C., & Suparno, S. (2022). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Media Administrasi, 7(1), 78-90.

Dwiyanto, A. (2018). Manajemen Pelayanan Publik: Peduli Inklusif dan Kolaborasi. Yogyakarta: UGM press.

Endah, K. (2018). Etika Pemerintahan Dalam Pelayanan Publik. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 4(1), 141-151.

Fitriah, R. P., & Fitriati, R. (2023). Transformasi Perkotaan Melalui Kolaborative Governance Dalam Program Tangerang Gemilang Berbasis Smart City. Journal Publicuho, 6(4), 1236-1250.

Heryani, A., Iskandar, A., & Malik. (2023). Birokrasi Indonesia. Solok: Mafy Media Literasi Indonesia.

Irfadat, T. (2021). Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Surabaya: CV. Jakat Media Publishing.

Marande, Y. (2020). Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Gebangrejo Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso. Jurnal Ilmiah Administratie, 8(1), 33-39.

Mirnasari, R. M., & Suaedi, F. (2013). Inovasi Pelayanan Publik UPTD Terminal Purabaya-Bungurasih. Kebijakan dan Manajemen Publik, 1(1), 71-84.

Monoarfa, H. (2012). Efektivitas dan Efisiensi Penyelenggaraan Pelayanan Publik: Suatu Tinjauan Kinerja Lembaga Pemerintahan. Jurnal Pelangi Ilmu, 5(01), 1-9.

Noor, Z. A., Sekarningrum, T. D., & Sulistyaningsih, T. (2021). Disparitas Perkotaan-Pedesaan: Pemerataan Dalam Akses Layanan Kesehatan Primer Untuk Lansia Selama Pandemi Covid-19. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(4), 576-585.

Rohayatin, T. (2022). Desain dan Inovasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Pelanggan. Sleman: Deepublish.

Salam, R. (2021). Perubahan dan Inovasi Pelayanan Publik di Era New Normal Pandemi Covid-19. Journal of Public Administration and Government, 3(1), 28-36.

Siahaan, A. Y., & Pardede, P. D. K. (2022). Transformasi Pembangunan Melalui Pelayanan Publik. Purwokerto: Cv Pena Persada.

Sugiono, S. (2021). Metedologi Pendidikan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwarno, J. (2012). Kualitas Pelayanan Pemerintahan Desa (Studi Pelayanan Ktp Dan Kk Di Desa Teluk Kepayang Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu). Jurnal Ilmu Politik & Pemerintahan Lokal, 1(2), 184-213.

Trisantosa, I. N., Kurniasih, D., & Hubeis, M. (2022). Pelayanan Publik Berbasis Digital. Yogyakarta: Deepublish.

Wibowo, A. A., & Pratomo, S. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Dalam Mendukung Reformasi Birokrasi di Era Masyarakat Informasi. Jurnal Media Administrasi, 3(1), 42-49.

Zuhairi, Z. (2016). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Rajawali Press.