Literature Review: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Pada UMKM

Main Article Content

Tunida Aliyani
Rachmat Pramukty

Abstract

Penelitian terdahulu sangat berguna dan penting dalam membuat penelitian ataupun makalah akademis. Pengaruh sesama variabel dapat diperkuat dengan adanya penelitian sebelumnya. Dalam artikel ini akan mereview terkait faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan informasi akuntansi pada UMKM terdiri dari: tingkat pendidikan, skala usaha dan pelatihan akuntansi. Artikel literature review ini ditulis guna mengembangkan hipotesis terkait pengaruh masing-masing variabel yang hendak digunakan dalam riset berikutnya. Metode yang dipakai dalam menulis artikel ini adalah kualitatif dan library research. Hasil dari literature review ini yaitu: tingkat pendidikan, skala usaha dan pelatihan akuntansi memiliki pengaruh dalam penggunaan informasi akuntansi pada UMKM. Untuk itu, sebaiknya para pelaku UMKM menerapkan pemakaian akuntansi dalam usahanya agar mempermudah pelaku UMKM guna mengetahui aktivitas yang telah dijalankan selama usaha.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Aliyani, T., & Pramukty, R. (2023). Literature Review: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Pada UMKM . EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 2(2), 407–413. https://doi.org/10.56799/ekoma.v2i2.1556
Section
Articles

References

Dewi, N. K., Sunarsih, N. M., & Yuliastuti, I. A. (2021). Pengaruh Skala Usaha, Umur Usaha, Dan Pelatihan Akuntansi Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Umkm Di Kecamatan Gianyar. JURNAL KARMA (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(6), 2065-270.

Efriyenty, D. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Pada UMKM Kota Batam . Jurnal Bisnis Terapan, 04(01), 69-82.

Hidayat, I. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah(Studi Kasus Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Subang). PRISMA (PLATFORM RISET MAHASISWA AKUNTANSI), 1(2), 112-121.

Listifa, W., & Suryono, N. A. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus Pada UMKM Di Kabupaten Magelang). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(2), 273-281.

Mariana. (2022). Informasi Akuntansi dan Keputusan Kredit. Yogyakarta: CV. Bintang Semesta Media.

Marina, A., Wahjono, S. I., Syaban, M., & Suarni, A. (2017). Sistem Informasi Akuntansi Teori dan Praktikal . Surabaya: UMSurabaya Publishing.

Mustofa, A. W., & Trisnaningsih, S. (2021). Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi. JURNAL AKUNTANSI PROFESI, 12(1), 30-42.

Nirwana, A., & Purnama, D. (2019). Pengaruh Jenjang Pendidikan, Skala Usaha dan Lama Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UMKM Di Kecamatan Ciawigebang. Jurnal Riset Keuangan Dan Akuntansi, 5(4), 55-65.

Radiansyah, A., Fithriah, N., Mulya, K. S., Martaseli, S., Sofyan, H., Mareta, S., . . . Atichasari, A. S. (2023). Teori & Konsep Akuntansi Di Berbagai Sektor. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Romandhon, & Taqwim, A. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Makanan Dan Minuman Di Kecamatan Wonosobo. Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah, 2(5), 40-50.

Setiawan, A. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Dalam Menggunakan Informasi Akuntansi. Jurnal Teknologi dan Terapan Bisnis, 2(1), 93-103.