Pengaruh CSR, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham

Main Article Content

Gita Fitria Bungsu
Fudji Sri Mar'ati
Maria Entina Puspita

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengarug csr, profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap harga saham pada perusahaan sub sector tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan adalah data sekunder yang telah dipublikasikan oleh BEI dan websidte perusahaan. Teknik analisis pengujian hipotesis menggunakan Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F dan Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan CSR dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap harga saham, sedangkan leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap harga saham. Namun secara simultann CSR, profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan  berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur sub sector tekstil dan garmen. Perusahaan diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang harga saham, sehingga manajemen perusahaan dapat merancang mekanisme pelaksanaan kelanjutan perusahaan dengan baik sehingga mampu meningkatkan harga saham perusahaan dan semakin banyak menarik minat investor.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bungsu, G. F., Mar’ati, F. S., & Puspita, M. E. (2023). Pengaruh CSR, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(1), 49–61. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i1.1828
Section
Articles

References

Agustami, S dan Syahida, P. 2019. Pengaruh Nilai Pasar, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013— 2017). Organum: Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi , 2 (2), 84-103.

Coombs, W. T dan Holladay, S. J. 2012. Managing CSR: A communication

approach. New Jersey: Wiley-Blackwell.

Darmadji, Tjiptono dan Fakhruddin M. Hendy. 2012. Pasar Modal di Indonesia (Pendekatan Tanya Jawab). Jakarta: Salemba Empat.

Dewi, LK. 2015 . Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Likuiditas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Industri Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia. e-Jurnal Katalogis volume 3 nomor 8.

Fahmi, M dan Purmawan, H. 2017. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Harga Saham Perusahaan 107 Pertambangan

yang Terdaftar di BEI. Balance: Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 2(2),295-301. Fitri, M.C, Supriyanto, A dan Oemar, A. 2016. Analysis of Debt To Equity Ratio,

Firm Size, Inventory Turnover, Cash Turnover, Working Capital Turnover and Current Ratio To Profitability Company (Study On Mining Companies Listed In BEI Period 2010-2013). Journal of Accounting Universitas Pandanaran. Volume 2(2).

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunarso, P. 2014. Laba akuntansi, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap harga saham di bursa efek indonesia. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 18(1). Hery. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic

Publishing Service).

Hartono, J. 2013. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Kedelapan.

Yogyakarta: BPFE 108

Indraswari, G. A. D., dan Astika, I. B. P. 2015. Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan kepemilikan saham publik terhadap pengungkapan csr. E- Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 11(1), 289-302.

Isbanah, Y. 2015. Pengaruh ESOP, leverage dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Ekonomidan Manajemen Universitas Negeri Surabaya, 15 (1), 28-41.

Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. 2013. “Industri Tekstil Harus Tingkatkan Daya Saing”, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, http :// www.kemenperin.go.id / artikel / 9346 / Industri-Tekstil-Harus- Tingkatkan-Daya-Saing

Kemenperin, “Industri Tekstil dan Pakaian Tumbuh Paling Tinggi ”, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, https :// kemenperin.go.id / artikel / 21230

/Kemenperin:-Industri-Tekstil-dan-Pakaian-Tumbuh-Paling-Tinggi Mahendra, I. M. A., dan Wirawati, N. G. P. 2018. Pengaruh Corporate Social

Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Free Cash Flow Sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali. 24, 2274–2303.

Musdalifah, Azis, Mintarti, S, dan Nadir, M. 2015. Manajemen investasi; Fundamental, Teknikal Perilaku Investor dan Return Saham. Yogyakarta: Deepublish.

Nurlaela, L. 2019. Model Corporate Social Responsibility (CSR). Ponorogo: Myria Publisher.

Novitasari, A, Mulyani, A. T, A’yun, S. Q, Purwaningsih, T, dan Suripto, S. (2020). Pengaruh Pengungkapan CSR (Corporate Social Responsibility), Kebijakan Dividen, dan Tingkat Inflasi Terhadap Harga Saham. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1), 36-41.

Octaviani, S dan Komalasari, D. 2017. Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, dan Solvabilitas Terhadap Harga Saham. JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 4(1). 111.

Putu, A dan Gerianta, W. 2018. Pengaruh Profitabilitas, Free Cash Flow dan Ukuran Perusahaan Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, V.2/23.957-981.

Rahayu, Fitri Dwi dan Asandimitra, Nadia. 2014. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, Kebijakan Dividen dan Cash Holding Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2012. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 2, No. 2.

Rahma, A., Santoso, B. T., dan Abdurachman, T. A. 2021. Pengaruh Rasio Keuangan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham. Jurnal Arastirma, 2(1), 34-47.

Said, A. L. 2018. Corporate Social Responsibility Dalam Perspektif Governance.

Deepublish.

Saprudin, S., dan Hasyim, TM. 2020. Pengaruh Profitabilitas dan Leverage terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Majalah Sainstekes , 7 (1).

Sartono, dan Fatmawati. 2015. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi.

Yogyakarta: BPFE.

Sulistiana, I. 2017. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Danrasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. JAK (JurnalAkuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 4(2).

Susanto, A. S. 2012. Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Solvabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham Perusahaan Farmasi di BEI. Jurnal Akuntansi Unesa, 1(1).

Utomo, A. S. 2019. Pengaruh CSR, ROI, ROE terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Penelitian Teori dan Terapan Akuntansi (PETA) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Wijaya Mulya Surakarta, 4(1), 82-94.

Welan, G., Van Rate, P., dan Tulung, J. E. 2019. Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di BEI Periode 2015-2017. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Universitas Sam Ratulangi Manado , 7(4). 114.