Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behaviors

Main Article Content

Agustinus Sihombing
Ayu Dwi Lestari
Armansyah Armansyah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kepuasan kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai yang berjumlah 45 orang dan sekaligus dijadikan sebagai sampel, dengan tekinik sampel yaitu sampel jenuh. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui kesimpulan sebagai berikut: Kepuasan kerja sudah dengan baik untuk berpengaruh terhadap Organization Citizenship Behaviour. Artinya Kepuasan Pegawai pada yang dilihat dari kepuasan terhadap kesempatan kenaikan jabatan, kepuasan terhadap kebijakan organisasi, kepuasan terhadap kinerja atasan, kepuasan terhadap lingkungan kerja, kepuasan akan komunikasi dalam organisasi dapat memberikan pengaruh terhadap Organization Citizenship Behaviour. Kepuasan Pegawai secara parsial berpengaruh terhadap Organization Citizenship Behaviour. Hal ini berarti adanya Kepuasan Pegawai dapat memberikan pengaruh terhadap Organization Citizenship Behaviour.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sihombing, A., Lestari, A. D., & Armansyah, A. (2024). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behaviors. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(2), 795–799. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i2.2903
Section
Articles

References

Alizadeh, Z. (2012). Antecedents and Consequences of Organizational Citizenship Behavior”. Institute of Interdisciplinary Bussines Research, 3(9), 494–505.

Handoko. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Hidayat, A. H., & Ratna Kusumawati. (2014). Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) DI PT. Argamukti Pratama. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 9(12).

Kurnia Saputra dkk. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia (1 ed.). Pasaman Barat. CV. Azka Pustaka.

Pradhiptya. (2013). pengaruh kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behaviour (ocb) dengan mediasi komitmen organisasional. Jurnal Bisnis dan Manajemen,. 6(1).

Puspitawati, & Riana. (2014). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Dan Kualitas Layanan. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan,.

Robbins, S. P., & Coulter, M. (2016). Management, Eleventh Edition. Pearson Education Limited.

Tania, & Sutanto. (2013). Tania dan Sutanto (2013). Agora, 1(3).