Analisis Pengembangan Wisata Bahari Desa Maitara Utara Kota Tidore Kepulauan

Main Article Content

Fausan Salim
Fajri Hatim
Karim Abubakar

Abstract

Wisata bahari merupakan salah satu subsektor keparawisataan dalam menghasilan kontribusi terhadap peningkatan pendapatan suatu daerah dan juga memberikan kontribusi positif terhadap penguatan posisioning citra destinasi wisata suatu wilayah. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengembangan wisata bahari Desa Maitara Utara, dengan menggunakan metode multiplier effect analysis digunakan untuk menganalisis dampak ekonomi di wisata Desa Maitara Utara. Dimana hasil analisis menunjukkan Nilai Keynesian income multiplier di peroleh 31,41 dan ratio income multiplier tipe I dan tipe II adalah 1,22 dan 45,74. Meningkatnya jumlah wisatawan berpotensi menyebabkan over carrying capacity pada titik area tertentu untuk aktivitas snorkeling dan wisata pantai, terutama saat waktu liburan (peak season), dengan ini menggunkan motode analisis daya dukung kawasan. Wisata bahari Desa Maitara Utara diperlukan strategi yang tepat untuk pengembangan yang tetap memberikan manfaat ekonomi untuk masyarakat, hal dengan menggunakan metode analisis SWOT. Dimana menunjukkan mengukur kekuatan dan kelemahan objek  serta Peluang dan Ancaman dalam pengembangan wisata . pertingnya riset ini untuk memberikan informasi terkait dampak ekonomi maupun daya dukung secara wilayah untuk aktifitas Snorkeling dan wisata pantai agar tidak melebih daya dukung sehingga dapap berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Salim, F., Hatim, F., & Abubakar, K. (2024). Analisis Pengembangan Wisata Bahari Desa Maitara Utara Kota Tidore Kepulauan. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(2), 870–885. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i2.2913
Section
Articles

References

Abdillah, Dariusman. 2016. “Pengembangan Wisata Bahari Di Pesisir Lampung.” Jurnal Destinasi Kepariwisataan Indonesia 1(1): 45–65.

Gamtohe, Febriyanti, Hanny Poli, dan Michael Moldy Rengkung. 2019. “Analisis Kebutuhan Prasarana dan Sarana Dalam Pengembangan Kawasan Wisata Bahari di Pulau Maitara Kota Tidore Kepulauan.” Jurnal Spasial 6(3): 581–90.

Katalinga, Genyas. 2013. “Analisis Ekonomi Dan Daya Dukung Pengembangan Ekowisata Pulau Pari Kepulauan Seribu, Jakarta.” : 61. http://file.pksdmo.lipi.go.id/id098-61498-2650_314.pdf.

Muhlisa, Qonita. 2015. “Dampak Ekonomi dan Daya Dukung Kawasan dalam Pengembangan Wisata Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.”

Mustofa, Ahmad et al. 2003. “STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI ANALYSIS SWOT PADA YAYASAN NURUL HAYAT SEMARANG Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Pandanaran Semarang 2)3).”

Perencanaan, Jurusan, Wilayah Dan, Fakultas Teknik, dan Universitas Bosowa. 2019. “WISATA BAHARI DI PULAU MARE KOTA.”

Rahmi, Nanda. 2017. “Kajian Ekonomi Pariwisata Syariah Kota Banda Aceh.” Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis 8(1): 577–89.

Nasution, S. 2007. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara

Riski, Tri Rachmat, Heru Aulia Azman, dan Fitria Rahmi. 2016. “Strategi Pengembangan Wisata Bahari di Kota Padang.” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 7(1): 1–10.

Ketjulan R. 2010. Analisis Kesesuaian dan Daya Dukung Ekowisata Bahari Pulau Hari Kecamatan Laonti Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara. Bogor (ID): Sekolah Pascasarjana IPB

Rizky, Sri Mutiara, dan Febri Yuliani. 2017. “Stategi Dinas Pariwisata dalam Mengembangkan Objek Wisata pantai pesona Kecamatan Rupat Utara kabupaten bengkalis.” Jom Fisip 4(2): 1–12.

Hadiwijoyo, S. 2012. Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat; Sebuah Pendekatan Konsep. Yogyakarta: Graha Ilmu

Ketjulan R. 2010. Analisis Kesesuaian dan Daya Dukung Ekowisata Bahari Pulau Hari Kecamatan Laonti Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara. Bogor (ID): Sekolah Pascasarjana IPB

Nuva. 2004. Analisis Strategi dan Peranserta Masyarakat dalam Pengembangan Wisata Bahari Tiram Ulakan di Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariama. Bogor: Fakultas Pertanian IPB

[KKP] Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2011. Kelautan dan Perikanan dalam Angka. Jakarta : Kementerian Kelautan dan Perikanan Kusumastanto,T. 2003. OCEAN POLICY dalam Membangun Negeri Bahari di Era Otonomi Daerah. Jakarta: Pt. Gramedia

Vidya. 2014. “Dampak ekonomi dan analisis sta