Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Toko Prahasta Purbalingga

Main Article Content

Rofik Priyanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruhi variasi produk, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang konsumen pada Toko Prahasta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari 100 responden sebagai sampel yang dipilih berdasarkan metode convenience sampling. Data yang telah terkumpul dianalisis berdasarkan analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi produk, kualitas produk, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap minat beli ulang konsumen. Adapun variasi produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli ulang konsumen, kualitas produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli ulang konsumen tetapi kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat beli ulang konsumen. Hasil memberikan implikasi manajerial bagi Toko Prahasta untuk meningkatkan variasi produk, kualitas produk dan peningkatkan layanan agar dapat meningkatkan minat beli ulang konsumen. Dengan meningkatnya minat beli ulang konsumen maka diharapkan agar took prahasta yang dijalankan dapat berkembang dan berkelanjutan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Priyanto, R. (2024). Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Toko Prahasta Purbalingga. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(2), 898–906. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i2.2923
Section
Articles

References

Alreza Anan Hafidzi , 2013, Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pembeli yang juga Menggunakan Kosmetik Wardah di Counter Wardah Matahari Department Store Malang Town Square) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Anderson, 2019, Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 12-22

Dewi, 2016, Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Djawi Lanbistro Coffee and Resto Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(3).

Fandy Tjiptono, 2020, Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik PIXY. JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi), 10(2), 1

Faradisa, Budi, & Minarsih, 2016, Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Indonesian Coffeeshop Semarang (ICOS CAFÉ). Journal of Management, 2(2), 1–13.

Ghozali, 2017. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (edisi kelima). Semarang: Universitas Diponegoro.

Hadani, 2018, Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Empiris Pada Pt. Sriwijaya Air Distrik Semarang ). Jurnal Bisnis Strategi, 8(3), 241–275. https://doi.org/10.14710/jbs.17.2.128-159

Handoko, 2022, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Badan penerbit IPWI.

Isti Faradisa, 2020, Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan: Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Kotler dan Amstrong, 2019, Marketing Management. New Jersey: The Millennium Edition, Prentice Hall International Edition.

Levy, 2019, Manajemen Pemasaran (Konsep dan Strategi). Medan: CV Manhaji.

Ma'ruf, Hendri, 2015, Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Novi Ariska, 2021, Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Minuman Bobba yang Dimediasi oleh Strategi Promosi (Studi Kasus: Konsumen Chatime Tanjung Duren). Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(12), 1566-1575.

Novi Wahyu Worodiyanti , 2016, Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli ulang fast food ayam goreng tepung di kalangan mahasiswa universitas kristen petra surabaya. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi,32(14), 561-573.

Ofela, 2016, Pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen kebab kingabi. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(1), 1–15.

Pramita, 2020, Strategi pemasaran Edisi 3. Yogyakarta : Andi.

Raharjani, 2015, Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Pasar Swalayan Sebagai Tempat Berbelanja (Studi Kasus Pada Pasar Swalayan di Kawasan Seputar Simpang Lima Semarang). Dalam Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, Vol. 2 No. 1 Hal 1-15.

Rangkuti, 2018, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Indeks

Sugiyono, 2022, Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Susanti, 2012, Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Waroeng Spesial Sambal cabang Tembalang, Semarang). Ekonomika Dan Bisnis Manajemen.

Tri Yanto (2017), Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik PIXY. JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi), 10(2), 1- 15.

Vinda, 2022, Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang ( Studi pada Starbucks Semarang ). Universitas Diponegoro, 1–13.