Penerapan Kebijakan E-Government dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Publik di UPTD Pelatihan Kerja Kabupaten Bandung

Main Article Content

Acep Sumarna

Abstract

Penerapan kebijakan e-Government dalam peningkatan mutu pelayanan publik di UPTD Pelatihan Kerja Kab. Bandung merupakan tindakan pemerintah dalam pelaksanaan suatu peraturan dalam hal pemberian suatu pelayanan publik melalui penggunaan media teknologi informasi secara elektronik untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat yang sesuai dengan hak-hak dasar setiap warga negara. Hal itu juga mendukung terwujudnya salah satu misi Kabupaten Bandung  yakni Mengoptimalkan tata Kelola pemerintahan melalui birokrasi yang professional. Hal itu ditujukan untuk mewujudkan pelayanan prima serta membangun partisipasi masyarakat yang mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan kebijakan e-government dalam peningkatan mutu pelayanan publik di UPTD Pelatihan Kerja Kabupaten Bandung, serta mengetahui dan menganalisis kendala-kendala yang dihadapi UPTD Pelatihan Kerja Kabupaten Bandung berdasarkan indikator pengembangan e-government yaitu, Support, Capacity, dan Value. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan kebijakan e-Government dalam peningkatan mutu pelayanan publik di UPTD Pelatihan Kerja Kabupaten Bandung mulai mengalami perubahan pada pelayanan prima walaupun masih ada terdapat beberapa kekurangan yakni terbatasnya sumber daya yang dimiliki, kurangnya sosialisasi kebijakan kepada masyarakat, dan miskomunikasi antara pimpinan dan pegawai.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sumarna, A. (2024). Penerapan Kebijakan E-Government dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Publik di UPTD Pelatihan Kerja Kabupaten Bandung. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(2), 936–944. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i2.2925
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Indrajit, Richardus Eko. 2002. Electronic Government (strategi pembangunan dan pengembangan sistem pelayanan publik berbasis teknologi digital). Yogyakarta: ANDI.

Hartono, Bambang. 2013. Sistem Informasi Manajemen berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta

Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Yograkarta: ANDI

Kumorotomo, Wahyudi dan Subando Agus. 2004. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press Miles, Matthew B. dkk. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. Edisi Ketiga. Sage Publications, Inc

Pasolong Harbani, 2012, Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta. Santosa, Pandji. 2009. Administrasi Publik (teori dan aplikasi good governance). Bandung: Refika Aditama.

Serdamayanti, dkk, 2002, Metodologi Penelitian, Bandung: Mandar Maju

Siagian, Sondang P. 2014. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara

Sinambela, Lijan Poltak. 2010. Reformasi Pelayanan Publik (teori, kebijakan, implementasi). Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sunyoto, Danang. 2014. Sistem Informasi Manajemen (Persepektif Organisasi). Jakarta: Buku Seru

Surjadi. 2012. Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: Refika Aditama

Sutabri, Tata. 2005. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: ANDI

Sumber Lainnya

Intruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government

PERMENPAN Nomor 36 Tahun 2012 Tentang Petunjuk Teknis Penyusunan, Penetapan, dan Penerapan Standar Pelayanan

Peraturan Bupati Bandung Nomor 69 Tahun 2001 Tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik