Pengaruh Pemasaran Online dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Toko Serbaguna

Main Article Content

Zuriani Ritonga
Rizkha Maulana
Karimi Karimi
Sutoyo Sutoyo
Hayanuddin Safri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran online dan harga terhadap keputusan pembelian pada konsumen toko serbaguna. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang konsumen yang pernah berbelanja di toko serbaguna yang dipilih secara acak.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa pemasaran online, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara parsial dan simultan. Dilihat dari nilai koefisien determinasi sebesar 78% yang artinya bahwa keputusan pembelian dipengaruhi oleh variable pemasaran online, harga dan pelayanan, dan sisanya sebesar 22% dipengaruhi oleh variable lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F (simultan) pada program SPSS 20.0 yang menunjukkan bahwa nilai F tabel = 3.09 sedangkan Fhitung = 78,661, jadi Ftabel lebih kecil dari Fhitung. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis ke-empat yaitu ada pengaruh positif dan signifikan pemasaran online, harga dan pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Toko Serbaguna di kota Juang dengan taraf kepercayaan 95% dan Alpha 5% dapat diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ritonga, Z., Maulana, R., Karimi, K., Sutoyo, S., & Safri, H. (2024). Pengaruh Pemasaran Online dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Toko Serbaguna. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(2), 1193–1200. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i2.3036
Section
Articles

References

Afandi, H. (2018). Analisa Kinerja Tingkat Pelayanan Pada Ruas dan Persimpangan Jalan Sisingamangaraja–AH. Nasution (Studi Kasus).

Anggraini, T. (2017). Analisis Perbandingan Strategi Pemasaran Online dan Offline Pada Toko Alea Pasar Tradisional Modern (PTM) Kota Bengkulu Ditinjau Dari Ekonomi Islam. IAIN Bengkulu.

Aptaguna, A., & Pitaloka, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. WIDYAKALA JOURNAL: JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY, 3, 49–56.

Asari, A. (2017). Effect of Personality, Organizational Climate, and Work Satisfaction on Organizational Citizenship Behavior Teacher. IJHCM (International Journal of Human Capital Management), 1(02), 45–51. https://doi.org/10.21009/ijhcm.012.06

Maria Agatha, W. (2018). Analisis Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Batik Barong Gung Tulungagung. Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(2).

Mulyawati, D., & Nellyaningsih, N. (2017). Analis Personal Selling Pada Produk Wifi Id Di Pt. Telkom Indonesia Witel Jakarta Timur Pada Tahun 2017. EProceedings of Applied Science, 3(2).

Nasution, A. E., & Lesmana, M. T. (2018). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen (studi kasus pada alfamart di Kota Medan). Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia, 1(1), 83–88.

Petricia, D., & Syahputra, S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Proses Keputusan Pembelian (studi Pada Konsumen Kopi Progo Bandung). EProceedings of Management, 2(2).

Rahman, T. (n.d.). Analisis faktor pembentuk kepercayaan konsumen pada pemasaran online studi kasus: Toko Online Chietra Shop. Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rahmi, D. T., & Nizam, A. (2017). Pengaruh citra merek terhadap niat pembelian tiket pesawat secara online pada konsumen traveloka. com dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 2(3).

Sangadji, E. M., & Sopiah, S. (2013). The Effect of Organizational Culture On Lecturers’ Job Satisfaction and Performance: A Research in Muhammadiyah University throughout East Java. International Journal of Learning & Development, 3(3), 1–18.

Sari, D. P. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Lokasi (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 524–533.

Tjiptono, F. (2020). Kepuasan Pelanggan kosep, pengukuran, & strategi.