Pengaruh Kompetensi SDM Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Belawan Indah

Main Article Content

Anita Tresia Samosir
Dame Ria Rananta Saragi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pertumbuhan bisnis yang sangat bergantung pada sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas profesional. Sumber daya manusia yang kompeten diperlukan untuk memberikan layanan terbaik. Dengan kata lain, perusahaan tidak hanya mampu memberikan layanan yang memuaskan pelanggan tetapi juga berorientasi pada nilai pelanggan. Akibatnya, perusahaan tidak hanya mengejar produktivitas kerja yang tinggi, tetapi lebih fokus pada kinerja dalam proses mencapai tujuannya. Bagaimana kinerja karyawan dalam suatu perusahaan dipengaruhi oleh kompetensi SDM adalah subjek penelitian ini. Dalam metode kualitatif deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini juga mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan meninjau dokumen perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan karakteristik pribadi, konsep dan nilai diri, motivasi, pengetahuan, dan keterampilan karyawan, kompetensi SDM di PT Belawan Indah dapat berdampak positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Ini menunjukkan bahwa kompetensi SDM sangat mempengaruhi kinerja karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Samosir, A. T., & Saragi, D. R. R. (2024). Pengaruh Kompetensi SDM Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Belawan Indah. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(2), 1259–1263. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i2.3079
Section
Articles

References

Ahmady, Z., & Mutiya, M. (2021). Evaluasi Peran Sistem Pengendalian Manajemen Terhadap Keberhasilan Koperasi Berdasarkan Partisipasi Anggota ( Studi Kasus pada Koperasi Kredit Mekar Jaya ). 3(2), 161–169

Asbullah, A., & Suharno, S. (2022). Analisis Kompetensi Sumber Daya Manusia dalam Mendukung Kinerja Pegawai UPT-KPHP Tana Tidung. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(1), 27. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.589

Endah Setyowati. 2002. ”Pengembangan SDM Berbasis Kompetensi: Solusi untuk Meningkatkan Kinerja Organisasi,” Journal of Islamic Economic, Vol. 4:1. Februari 2002.

Ermaya, K., & Mujdalipah, S. (2019). Motivasi, Komitmen Organisasional Dan Kepuasan Kerja Karyawan di Waroeng Spesial Sambal, Jatinangor. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 29–42.

Gungor P. 2011. The Relationship between Reward Management System and Employee Performance with the Mediating Role of Motivation: A Quantitative Study on Global Banks. Journal Procedia Social and Behavioral Science Ed. 24. Pp. 1510-1520.

Hariandja, Marihot TE. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo

Lievens Filip, Pascal Van Geit and Pol Coetsier. 2005. Identification of Transformation Leadership Qualities: An Examination of Potential Biases. European Journal of Work and Organizational Psychology, Vol. 6 No. 4. Pp. 415-430.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2006. Evaluasi Kinerja SDM. Cetakan Kedua. Bandung : PT. Refika Aditama.

Mitchell Vance F. and Pravin M. 1976. Measurement of Maslow’s Need Hierarchy. Organization Behavior and Human Performance, Vol. 16, Pp. 334 – 349.

Saydam Gauzali. 1996. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit PT Toko Gunung Agung.