Pelaksanaan Pelayanan Publik di Kantor Badan Pengelola Pajak Daerah Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir

Main Article Content

Siti Rahmatullisa
Mardiah Astuti
Hidayat Hidayat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pelayanan di Kantor Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kayuagung dengan memeriksa beberapa aspek kinerja pelayanan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui observasi langsung, wawancara dengan petugas pelayanan, dan analisis dokumen untuk mengevaluasi pelaksanaan pelayanan di Kantor BPPD Kayuagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan di Kantor BPPD Kayuagung telah berjalan dengan baik dalam hal kedisiplinan petugas, ketaatan terhadap prosedur, standar pelayanan, kecepatan layanan, dan respons terhadap keluhan masyarakat. Namun, terdapat beberapa area yang memerlukan perbaikan, termasuk peningkatan pelatihan petugas, ketersediaan informasi yang lebih baik, dan optimalisasi penggunaan teknologi informasi. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar Kantor BPPD Kayuagung meningkatkan pelatihan petugas, meningkatkan ketersediaan informasi, memperkuat sistem monitoring dan evaluasi, serta mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi. Penelitian selanjutnya dapat memperluas lingkup dengan mengeksplorasi aspek-aspek lain dari pelayanan publik dan melibatkan lebih banyak pihak terkait untuk memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif. Penelitian ini penting untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan publik di Kantor Badan Pengelola Pajak Daerah Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir, serta untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan potensi permasalahan yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan layanan tersebut. Dengan demikian, dapat meningkatkan kepuasan masyarakat serta efektivitas pengelolaan pajak daerah di wilayah tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rahmatullisa, S., Astuti, M., & Hidayat, H. (2024). Pelaksanaan Pelayanan Publik di Kantor Badan Pengelola Pajak Daerah Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(3), 935–945. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i3.3138
Section
Articles

References

Ahdhan, R. D. (2017). Implementasi Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser. Jurnal Universitas Mulawarman, 2(2), 2185-2199.

Ahmad, L. F., & Sutrischastini, A. (2015). Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Pelayanan Publik Kantor Kecamatan Rongkop Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 2(1), 35-50.

Djaelangkara, R. (2010). Tinjauan Kritis Konsep Dan Implementasi Pelayanan Publik Di Indonesia. Academica, 2(1), 273-288.

Dwiyanto, A. (2008). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.

Ferdiansyah. (2015). Dasar Penelitian Kualitatif. Bogor: Herya Media.

Hardiansyah. (2015). Komunikasi Pelayanan Publik Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Gava Media.

Hayat. 2017. Manajeman Pelayanan Publik. Depok: PT.Raja Grapindo.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Mukarom, Z., & Laksana, H. M. W. (2015). Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: Pustaka Setia.

Nugroho, R. (2014). Public Policy. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Nurcholis, H. (2005). Praktek Pemerintah dan Otonomi Daerah. Jakarta:Grasindo.

Parkinson, C. N. (2006). Manajemen Untuk Semua Orang, Terj. Mulyana. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Sinambela, S., Sinambela, L. P. (2017). Reformasi Pelayanan Publik-Teori, Kebijakan, Dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Subarsono, A. G. (2012). Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syafiie, I. K. (2006). Ilmu Administrasi Publik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tanzeh, A. (2009). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras.

Wibowo. (2014). Manajemen Kinerja. Surakarta: Rajawali Press.

Winarno, B. (2007). Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Media Pressindo.