Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Pembuatan E-KTP Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kebumen

Main Article Content

Endang Shyta Triana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kualitas pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kebumen dengan kepuasan masyarakat di Kota Kebumen. Prosedur pengambilan sempel penelitian ini adalah angket kuesioner dengan 102 responden. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dalam pembuatan E-KTP secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat di Kota Kebumen. Masyarakat yang menganggap Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kebumen memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas cenderung merasa puas dengan pengalaman mereka terhadap pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kebumen. Kualitas pelayanan menjadi alasan utama terhadap kepuasan masyarakat, kualitas pelayanan yang semakin meningkat akan mempengaruhi minat kepuasan masyarakat dalam pelayanan pembuatan E-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kebumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Triana, E. S. . (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Pembuatan E-KTP Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kebumen. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(2), 1322–1330. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i2.3154
Section
Articles

References

Abdussamad, J. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Gorontalo. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 6(2), 73-82.

Duri, R., Harahap, R. H., & Isnaini, I. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Publik E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kabupaten Gayo Lues. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(1), 685-696.

Duriat, A., & Vaughan, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan E-KTP Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kecamatan Kramatmulya. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 11(1), 18-27.

Firmansyah, A. C., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat. Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(2), 82-93.

Kepmenpan No. 63/KEP/M.PAN/7/2003 Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayananan Umum.

Keputusan MENPAN No. 81/1993 Tentang Pedoman Tata Laksana Pelayanan Umum.

Perpres No. 26 Tahun 2009 tentang Penerapan KTP Berbasis NIK Secara Nasional.

Pundenswari, P. (2017). Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik bidang Kesehatan terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Publik: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara, 11(1), 13-21.

Rezha, F. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) Di Kota Depok) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Jurnal. 2010. Kualitas Pelayanan E-KTP. Jakarta. Universitas Indonesia.

Jurnal Universitas Indonesia Jakarta Kualitas Pelayanan E-KTP Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Undang-undang No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No. 120 tahun 2017 tentang Unit Pelaksana Teknis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.