Analisis Kinerja Keuangan Pada Pt M Cash Integrasi Tbk

Main Article Content

Danang Choirul Umam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan PT M Cash Integrasi Tbk, khususnya. Metodologi kuantitatif dengan pendekatan studi kasus diterapkan dalam penelitian ini untuk memungkinkan analisis yang mendalam. Metode deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data keuangan perusahaan dari tahun 2021 hingga 2023. Data dikumpulkan melalui dokumentasi laporan keuangan. Hasil analisis menunjukkan adanya perubahan signifikan dalam kinerja keuangan perusahaan selama periode penelitian. Jumlah aset mengalami peningkatan, sementara jumlah liabilitas mengalami penurunan. Namun, terjadi penurunan yang signifikan dalam jumlah ekuitas perusahaan dan pendapatan, yang berdampak pada laba kotor, laba usaha, dan laba neto. Arus kas perusahaan juga mengalami fluktuasi, dan beberapa rasio keuangan menunjukkan tren penurunan. Penurunan kinerja keuangan mencerminkan tekanan pada profitabilitas perusahaan dan kemampuan untuk menghasilkan pendapatan yang memadai. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengadopsi strategi proaktif seperti peningkatan efisiensi operasional, diversifikasi pendapatan, manajemen utang yang bijaksana, dan fokus pada peningkatan pendapatan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Umam, D. C. (2024). Analisis Kinerja Keuangan Pada Pt M Cash Integrasi Tbk. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(2), 1348–1353. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i2.3492
Section
Articles

References

Fadillah, Rizky, and Muhammad Iqbal Fasa. 2021. “Digital Economic Transformation: Optimalisasi Ekonomi Digital Pasca Pandemi Covid-19 Pada Pelaku Umkm.” J. Manaj. Organ. Rev 3(2):123–35.

Fahmi. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Pertama. Bandung: Alfabeta.

Fantini, Endah, and Rousdy Safari Tamba. 2020. “Mediamorfosis Edukasi Informal Online Melalui Platform Digital Sebagai Peluang Bisnis Baru.” Majalah Ilmiah Bijak 17(1):114–27.

Fauziah, Fenty, Nur Endah Ramayanti, and Lorine Kalista Noor. n.d. Manajemen Wirausaha UMKM. Muhammadiyah University Press.

Febriani, Nufian, and Wayan Weda Asmara Dewi. 2019. Perilaku Konsumen Di Era Digital: Beserta Studi Kasus. Universitas Brawijaya Press.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Maulana, Arief, and Yana Suryana. 2023. “PERKEMBANGAN INTEGRASI DIGITAL UNTUK MENDORONG DIGITALISASI EKONOMI DI KAWASAN ASEAN.” Journal of International Relations 3(2):54–71.

Rudianto. 2015. Pengantar Akuntansi Konsep Dan Teknik Penyusunan Laporan Keuangan. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono, S. 2019. “Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D.” Bandung. Cv. Alfabeta.

Wahab, Deden A., Sri Dewi Anggadini, Rio Yunanto, and Dedi Sulistiyo Soegoto. 2023. “Ekosistem Bisnis & Transformasi Digital Perspektif Keberlanjutan Usaha Kecil Kuliner.”

Widanengsih, Euis, and Yusuf. 2022. “Penerapan Model Technologi Acceptance Model Untuk Mengukur Adopsi Penggunaan Aplikasi Pembukuan Akuntansi Dan Keuangan Rumah Tangga.” Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis 2(1):86–95.

Wijanarko, Robertus. 2019. “Revolusi Industri Keempat, Perubahan Sosial, Dan Strategi Kebudayaan.” Seri Filsafat Teologi 29(28):101–16.

Yusuf, Yusuf, and Asep Suherman. 2021. “Pengaruh Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen Dengan Variabel Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Mediasi.” Jurnal Akuntansi Dan Bisnis Indonesia (JABISI) 2(1):39–49.