Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Melanjutkan Pendidikan di IAIN Sultan Amai Gorontalo

Main Article Content

Suci Larasati
Eka Septiarini
Sukmawati Nihali

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa baru IAIN Sultan Amai Gorontalo Angkatan 2022. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 261 mahasiswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuisioner dengan menggunakan teknik regresi berganda dan pengolahan data menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor lokasi, promosi, reputasi, referensi dan biaya pendidikan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih IAIN Sultan Amai Gorontalo. Sedangkan faktor akreditas, physical evidence, kualitas pelayanan dan beasiswa tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Larasati, S., Septiarini, E., & Nihali, S. (2024). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Melanjutkan Pendidikan di IAIN Sultan Amai Gorontalo . EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(4), 500–510. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i4.3518
Section
Articles

References

Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Cholila, N. & Syahdanur. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Universitas Islam Riau Sebagai Tempat Belajar. Jurnal Ekonomi KIAT. (Vol. 28) No. 2.

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Deeppublish Publisher.

Fitriani, N. (2018). Peran Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Dalam Pembentukan Word of Mouth Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta. Jurnal Manajemen Indonesia. (Vol. 18) No. 1.

Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: Indeed a Silver Bullet. Journal of Marketing Theory and Practice, 19(2), 139–152.

Ismanto, J. (2017). Analisis Pengaruh Persepsi Mahasiswa Pada Unsur-Unsur Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi IPWIJA Program S2 (Pascasarjana). Jurnal Ilmiah Econosains. (Vol. 15) No. 1.

Kamanda, S. P. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Pada Institut Agama Islam Abdullah Said Batam. Jurnal AS-SAID. Vol.2, No.1, Halaman 1-6.

Kotler, P., & Gary, A. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke-12 jilid 1. Penerbit Erlangga.

Nasution, H. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiawa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Kota Batam (Studi Pada Fakultas Ekonomi Universitas Riau Kepulauan, Universitas Internasional Batam, dan Universitas Batam). Jurnal Bening. (Vol. 8) No. 1.

Naufal, A. R., & Rizal, H. M. (2017). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Rahma Rahmi Collection). Diponegoro Journal of Management, vol. 6, no. 4, pp. 197-205

Putra, T. H. A., & Mira, M. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa untuk Melanjutkan Pendidikan ke Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. MENARAIlmu. Vol. XII, No. 6.

Sitanggang, F. A., Dini, E. P., & Prayetno, A. S. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Program Studi Manajemen Jenjang Strata-1 pada Perguruan Tinggi Swasta dan Perguruan Tinggi Negeri di Kota Jambi. Jurnal of Economics and Business.

Shinta, D., & Hamdan. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Vol. 2, No. 1.

Sudaryono. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Edisi Kedua. Rajawali Pers.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Manajemen. Alvabeta, cv. Edisi Revisi 2, Cetakan Kesatu.

Suryani, W., & Paham, G. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara Al Munawaroh Medan. MODERNISASI, Volume 9, Nomor 1.

Syafitri, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Biaya, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Fakultas Ekonomi Universitas Musi Rawas.

Wuliandri, A., Yoyok, H., & Yumindyawati. (2019). Pengaruh Motivasi dan Pemberian Beasiswa Terhadap Keputusan Pegawai Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi. Jurnal Sosiologi Nusantara. Vol. 5, No. 2.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.