Penetapan Harga Jual Ikan Berdasarkan Pemikiran Yahya Bin Umar (Studi Pada Pasar Pulau Baai Sumber Jaya Kampung Melayu Kota Bengkulu)

Main Article Content

Amelia Oktaviani
Desi Isnaini
Nonie Aftrianty

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pertama, Bagaimana penetapan harga  penetapan harga jual ikan di pasar  Pulai Baai kota Bengkulu. Kedua, Bagaimana penetapan  harga ikan di pasar Pulau Baai berdasarkan pandangan Yahya bin Umar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field search) yaitu penelitian yang berhubungan langsung dengan obyek yang diteliti. Adapun jenis pendekatan dalam penelitian ini yaitu Penelitian kualitatif deskriptif.  Dimana penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penetapan harga jual ikan berdasarkan pemikiran Yahya bin Umar yang dilakukan pada pedagang ikan di pasar Pulau Baai. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dimana peneliti telah memiliki ciri atau karakter tertentu dalam menentukan informan yaitu penjual ikan di pasar Pulau Baai dengan usia 24-50 tahun. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penetapan  harga jual ikan berdasarkan pemikiran Yahya bin Umar haruslah berorientasi kepada Allah dan bertakwa kepada Allah karena sesungguhnya penetapan harga itu ditetapkan oleh Allah. Maka kita harus mengikuti kaidah-kaidah Islam dimana harus selalu mengikuti atauran ketentuan pasar. selain itu hasil penelitian menunjukan bahwa responden  telah menerapkan pemikiran Yahya bin Umar. Hal ini dilakukan pedagang ikan dalam menentukan harga pertama, harga terjangkau  sesuai dengan kualitas, kedua, menentukan harga sesuai dengan harga pasar dan melakukan tawar menawar secara alami, serta memberitahu kondisi ikan yang sebenarnya ini menandakan bahwa adanya keterbukaan dalam bertransaksi antara penjual dan pembeli terhadap kualitas ikan yang dijual.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Amelia Oktaviani, Desi Isnaini, & Nonie Aftrianty. (2022). Penetapan Harga Jual Ikan Berdasarkan Pemikiran Yahya Bin Umar : (Studi Pada Pasar Pulau Baai Sumber Jaya Kampung Melayu Kota Bengkulu). EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 1(2), 176–185. https://doi.org/10.56799/ekoma.v1i2.362
Section
Articles