Analisis Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Pada Pesantren Baitussalam Pamulang Tangerang Selatan

Main Article Content

Lily Setyawati Kristianti
Irfan Rizka Akbar
Mitri Nelsi

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi Pondok Pesantren Baitussalam Pamulang sebagai studi kasus untuk memahami praktik pendidikan Islam di Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi visi, misi, filosofi pendidikan, metode pengajaran, dan peran pesantren dalam masyarakat. Data dikumpulkan melalui observasi mendalam, wawancara, dan studi dokumentasi, lalu dianalisis untuk menarik kesimpulan yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantren ini memiliki komitmen yang kuat terhadap penyediaan pendidikan Islam berkualitas dan holistik. Visi dan misi pesantren menekankan pada pembentukan karakter Islami dan kontribusi pada pembangunan masyarakat. Filosofi pendidikan yang digunakan mencakup pendekatan holistik yang melibatkan aspek spiritual, intelektual, emosional, dan sosial siswa. Metode pengajaran pesantren berbasis tradisional Islam, tetapi juga mengintegrasikan teknologi modern. Selain memberikan pendidikan agama, pesantren juga memainkan peran penting dalam memperkuat identitas keislaman dan memelihara nilai-nilai tradisional.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kristianti, L. S., Akbar, I. R. ., & Nelsi, M. . (2024). Analisis Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Pada Pesantren Baitussalam Pamulang Tangerang Selatan. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(4), 1746–1752. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i4.3645
Section
Articles

References

Anugraheni, Indri. 2017. “Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Belajar Guru-Guru Sekolah Dasar.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 4(2):205–12.

Darmadi, Hamid. 2015. “Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional.” Edukasi: Jurnal Pendidikan 13(2):161–74.

Febriana, Rina. 2021. Kompetensi Guru. Bumi Aksara.

Hukum, Kementerian. 2005. “HAM, Undang-Undang Guru Dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005.”

Jamin, Hanifuddin. 2018. “Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam 19–36.

Leonard, Leonard. 2016. “Kompetensi Tenaga Pendidik Di Indonesia: Analisis Dampak Rendahnya Kualitas SDM Guru Dan Solusi Perbaikannya.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 5(3).

Naro, Wahyuddin. 2017. “Komitmen Profesi Dan Pengaruhnya Terhadap Kompetensi Profesional Guru Pada Madrasah Tsanawiyah Di Kota Makassar.” Inspiratif Pendidikan 6(1):35–58.

Nasir, Muhammad, and Muhammad Khairul Rijal. 2020. “Model Kurikulum Dan Pembelajaran Ma’had Al-Jami’ah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (Ptki) Di Indonesia.”

Nofriyanti, Yelva, and Nurhafizah Nurhafizah. 2019. “Etika Profesi Guru Paud Profesional Dalam Mewujudkan Pembelajaran Bermutu.” Jurnal Pendidikan Tambusai 3(1):676–84.

Nurhamidah, Ilin. 2018. “Problematika Kompetensi Pedagogi Guru Terhadap Karakteristik Peserta Didik.” Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS 27–38.

Rahmat, Pupu Saeful. 2021. Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.

Said, Asnah. 2020. “Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan.” Banten: Universitas Terbuka.

Sodikin, Hasan, Ahmad Sukandar, and Marwan Setiawan. 2022. “Manajemen Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran PAI.” Edukasi: Journal of Educational Research 2(1):68–87.

Sugiyono, P. D. 2013. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D . Penerbit Alfabeta, Bandung.”