Peranan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Desa Sunju Kecamata Marawola Kabupaten Sigi (Studi Pada: Pemberdayaan UMkM Kacandipa)

Main Article Content

Fiola Sinta
Santi Yunus
Muthar Lutfi
Farida Milias Tuty
Andi Herman Jaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Peranan LLPMD terhadap pemberdayaan UMKM Kacandipa, Penelitian ini dilakukan di Desa Sunju Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi dari bulan Desember 2023 sampai februari 2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan hubungan, aktivita, situasi, atau berbagai materia. Teknik pengumpulan data dari penelitian kualitatif yaitu observasi, wawancara dan analisis dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LPMD di Desa Sunju sudah berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian LPMD, yang dilihat dari perannya sebagai fasilitator, mediator, motivator, dan dinamisator. Kemudian LPMD di Desa Sunju melakukan Pendataan terhadap UMKM Kacandipa, Membantu mendapatkan bantuan berupa dana dari pemerintah desa sebesar Rp10.000.000 per kelompok usaha Kacandipa, Melakukan pembinaan terhadap UMKM Kacandipa dalam mengeluarkan izin BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan), dan membantu proses pemasaran dalam berjalannya kegiatan UMKM Kacandipa di Desa Sunju.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sinta, F., Yunus, S., Lutfi, M., Tuty, F. M., & Jaya, A. H. (2024). Peranan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Desa Sunju Kecamata Marawola Kabupaten Sigi: (Studi Pada: Pemberdayaan UMkM Kacandipa). EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(4), 1649–1658. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i4.3657
Section
Articles