Analisis Faktor Dominan yang Memengaruhi Tingkat Investasi

Main Article Content

Farelia Amarnita Putri
M. WIllyardi Syahputra
Nurahma Fauziah
Queen Dzakyla Melawardani
Tabina Syafira
Rasidin Karo Karo Sitepu
Disya Ayu Rivtryana

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang terus melakukan pembangunan. Tujuan dari pembangunan ini salah satunya adalah untuk mencapai kestabilan perekonomian negara, salah satu caranya yaitu dengan meningkatkan pertumbuhan atau perkembangan dari seluruh sektor industri yang berperan penting sebagai penarik investor mancanegara maupun dalam negeri agar berinvestasi di Indonesia. Penelitian dilakukan untuk melihat faktor-faktor yang memengaruhi tingkat Investasi di Indonesia. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan menggunakan data sekunder series 2017-2023, lalu diuji menggunakan Statistical Package for the Social Sciences. Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat inflasi dan upah minimum provinsi secara parsial tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap investasi. Sedangkan variabel suku bunga dan uang beredar secara parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap investasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putri, F. A., Syahputra, M. W., Fauziah, N., Melawardani, Q. D., Syafira, T., Sitepu, R. K. K., & Rivtryana, D. A. (2024). Analisis Faktor Dominan yang Memengaruhi Tingkat Investasi. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(4), 1828–1835. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i4.3690
Section
Articles

References

Boediono. (2013). Ekonomi Makro. BPFE Yogyakarta.

Hasnir. (2013). Pengaruh Tingkat Suku Bunga Kredit Terhadap Ermintaan Kredit Modal Kerja (Kmk) Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Jeneponto Di Kabupaten Jeneponto. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01).

Messakh, S. R., Amtiran, P. Y., & Ratu, M. (2019). PENGARUH INFLASI DAN SUKU BUNGA TERHADAP INVESTASI DALAM NEGERI DI INDONESIA. 8(1), 1–15.

Nanda, P. S. (2021). PENGARUH EKSPOR, INVESTASI ASING DAN JUMLAH UANG BEREDAR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA DALAM ERA PANDEMI COVID-19 MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

Nopirin. (2012). Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro Makro. BPFE Yogyakarta.

Pawer Darasa Panjaitan, Elidawaty Purba, & Darwin Damanik. (2021). Pengaruh Jumlah Uang Beredar Dan Nilai Tukar Terhadap Inflasi Di Sumatera Utara. Jurnal Ekuilnomi, 3(1). https://doi.org/10.36985/ekuilnomi.v3i1.117

S. Wahyuning, & S. Rakasiwi. (2014). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INVESTASI DALAM NEGERI DI PROPINSI JAWA TENGAH. Seminar Nasional Ilmu Komputer.

Shintia, N., & Abbas, S. (2018). PENETAPAN UPAH MINIMUM DI PROVINSI ACEH. Jurnal Ilmu Hukum, Perundang-Undangan Dan Pranata Sosial.

Sukirno, S. (2005). Pengantar Ekonomi Makro. PT. Raja Grafindo Persada.

Syulhasbiullah, M. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pendapatan Karyawan Terhadap Keputusan Investasi Pada PT. Kimia Farma Trading & Distribution (KFTD) Makassar. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 1–11.

Most read articles by the same author(s)