Analisis Program Pemberdayaan UMKM Pada Pesantren Se-Sumatera Utara Guna Meningkatkan Pembangunan Pesantren (Studi Kasus Kemenag Sumatera Utara)

Main Article Content

Rizki Yuliana
Azhari Akmal Tarigan

Abstract

Program pemberdayaan ekonomi di pesantren merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kini, pesantren tidak hanya menjadi wadah dalam menuntut ilmu dunia dan agama saja, namun pesantren dapat menjadi wadah pemberdayaan ekonomi baik bagi pihak pesantren maupun masyarakat sekitar. Hal yang dapat dilakukan yaitu dengan mendirikan usaha di sekitar pesantren. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mekanisme, dampak dan hambatan dari adanya program pemberdayaan UMKM di pondok pesantren se sumatera utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan melakukan wawancara secara mendalam (wawancara mendalam) kepada narasumber yang membahas di bidang pemberdayaan UMKM di pondok pesantren se sumatera utara. Hasil penelitian yang diperoleh dengan adanya pemberdayaan UMKM dapat membantu keuangan dan pembangunan pesantren. Bentuk pemberdayaan UMKM yang diberikan pemerintah antara lain lokakarya, seminar, pelatihan keterampilan serta pemberian dana guna membangun usaha di lingkungan pesantren. Diharapkan pemerintah dapat terus membantu pesantren yang masih kekurangan secara finansial secara lebih merata hingga ke pelosok daerah di Sumatera Utara. Selain itu, selalu dapat diawasi dan dipantau secara berkala di setiap pesantren yang dibina, sehingga diketahui keberhasilan atau kegagalan program pemberdayaan UMKM yang dibina oleh Pemerintah. skill serta mempersembahkan dana guna membangun usaha di lingkungan pesantren. Diharapkan pemerintah dapat terus membantu pesantren yang masih kekurangan secara finansial secara lebih merata hingga ke pelosok daerah di Sumatera Utara. Selain itu, selalu dapat diawasi dan dipantau secara berkala di setiap pesantren, sehingga diketahui keberhasilan atau kegagalan program pemberdayaan UMKM yang dibina oleh Pemerintah. skill serta mempersembahkan dana guna membangun usaha di lingkungan pesantren. Diharapkan pemerintah dapat terus membantu pesantren yang masih kekurangan secara finansial secara lebih merata hingga ke pelosok daerah di Sumatera Utara. Selain itu, selalu dapat diawasi dan dipantau secara berkala di setiap pesantren yang dibina, sehingga diketahui keberhasilan atau kegagalan program pemberdayaan UMKM yang dibina oleh Pemerintah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rizki Yuliana, & Azhari Akmal Tarigan. (2022). Analisis Program Pemberdayaan UMKM Pada Pesantren Se-Sumatera Utara Guna Meningkatkan Pembangunan Pesantren: (Studi Kasus Kemenag Sumatera Utara). EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 1(2), 242–250. https://doi.org/10.56799/ekoma.v1i2.374
Section
Articles