Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai pada Badan Standardisasi Nasional Tangerang Selatan

Main Article Content

Seno Sudarmono Hadi
Dea Ratna Puspita

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan beban kerja terhadap kepuasan kerja, penelitian ini adalah penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai pada Biro Sumber Daya Manusia Organisasi dan Hukum Badan Standardisasi Nasional yang berjumlah 30 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket skala likert dan menggunakan pengujian hipotesis dengan SPSS 26.00. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap kepuasan kerja, beban kerja juga berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Secara simultan gaya kepemimpinan dan beban kerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hadi, S. S., & Puspita, D. R. . (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai pada Badan Standardisasi Nasional Tangerang Selatan. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(5), 490–499. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i5.3949
Section
Articles

References

Darda, Ahmad, Ahmad Rojikun, and Yusuf Yusuf. 2022. Anteseden Kinerja Pegawai. 1st ed. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Indrasari, Meithiana. 2017. Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan: Tinjauan Dari Dimensi Iklim Organisasi, Kreativitas Individu, Dan Karakteristik Pekerjaan. Yogyakarta: Indomedia Pustaka.

Khair, Hazmanan. 2019. “Pengaruh Kepemimpinan Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Melalui Motivasi Kerja.” Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 2(1):69–88.

Kusumayadi, Firmansyah. 2022. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Anggota Sat Reskrim Di Satuan Reskrim Polres Bima.” Jurnal Inovasi Penelitian 3(3):5415–26.

Paendong, Jason, Endri Sentosa, and Sarpan Sarpan. 2019. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Pt Astra Daihatsu Cabang Pasar Minggu.” Oikonomia: Jurnal Manajemen 15(2).

Riniwati, Harsuko. 2016. Manajemen Sumberdaya Manusia: Aktivitas Utama Dan Pengembangan SDM. Universitas Brawijaya Press.

Santoso, Yang Marcella Devina, and Tristiana Rijanti. 2022. “Pengaruh Stres Kerja, Beban Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Daiyaplas Semarang.” Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 11(1):926–35.

Sari, Sarah Puspita, and Wachid Hasyim. 2022. “Pengaruh Work Life Balance, Gaya Kepemimpinan Dan Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT. Manufaktur Cikarang.” IKRAITH-EKONOMIKA 5(3):161–67.

Septia, Erfa Rezi. 2018. “PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2014-2016).” Jurnal Akuntansi 6(2).

Silambi, Erni Dwita. 2016. “Pemutusan Hubungan Kerja Ditinjau Dari Segi Hukum (Studi Kasus PT. Medco Lestari Papua).” Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial Unmus (2):42654.

Sivanissa, Nabilla, Hafidhah Azizah, and Nita Khardyla. 2022. “Pengaruh Kompetensi SDM Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Sherish Cipta Interindo.” Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia 1(3):114–19.

Sugiyono, S. 2019. “Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D.” Bandung. Cv. Alfabeta.

Suparman, Dadang, and M. M. S Pd I. 2020. “Pengaruh Lingkungan Kerja, Pengetahuan Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di CV. Perdana Mulia Desa Caringin Kulon Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi: Manajemen Sumberdaya Manusia.” Ekonomedia 9(02):21–36.

Utaminingsih, Alifiulahtin. 2014. Perilaku Organisasi: Kajian Teoritik & Empirik Terhadap Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan, Kepercayaan Dan Komitmen. Universitas Brawijaya Press.