Pengaruh Komitmen dan Loyalitas Terhadap Kinerja Karyawan di Kantor PT. Perkebunan Nusantara IV Kantor Regional I

Main Article Content

Muhammad Habibi Arif
Saimara A.M Sebayang
Darmilisani Darmilisani

Abstract

Karyawan milenial, atau sering disebut sebagai generasi Y, merujuk pada kelompok orang yang lahir sekitar tahun 1981 hingga 1996. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komitmen dan loyalitas terhadap kinerja karyawan. Sampel dalam penelitian ini adalah 65 karyawan.  Instrument  pengumpulan  data  menggunakan  kuesioner  dengan  skala  likert  yang masing-masing sudah diuji cobakan serta telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu software SPSS 18.0 for Windows. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa kemapuan kerja berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja karyawan, komitmen kerja tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kinerja karyawan, kerja sama tim berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja karyawan. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa komitmen berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja karyawan, loyalitas berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja karyawan. Komitmen kerja dan loyalitas berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kinerja karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Arif, M. H., Sebayang, S. A., & Darmilisani, D. (2024). Pengaruh Komitmen dan Loyalitas Terhadap Kinerja Karyawan di Kantor PT. Perkebunan Nusantara IV Kantor Regional I. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(5), 108–120. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i5.3978
Section
Articles

References

Hasibuan, M. (2019). Manajemen Sumber Data Manusia Edisi Revisi. PT Bumi Aksara Jakarta.

Kasmir. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). PT Raja Grafindo Persada.

Kaswan. (2019). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Alfabeta.

Mangkunegara, A. (2018). Manajemen Sumber daya Manusia perusahaan. PT Remaja Rosdakarya.

Maulida, R., & Askiah. (2020). Pengaruh Loyalitas Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Mahakam Berlian Samjaya. Borneo Student Research, 2, 1.

Renita, A., Parawangi, A., & Mustari, N. (2021). Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Badan Kepegawaian Dan Diklat Daerah Kabupaten Enrekang. Kajian Ikmiah Mahasiswa Administrasi Publik, 2, 3.

Robins, & Judges. (2018). Perilaku Organisasi. Salemba Empat.

Sedarmayanti. (2019). Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan. Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. PT Refika Aditama.

Soegandi, V., Sutanto, E., & Setiawan, R. (2013). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Loyalitas Kerja Terhadap Organizational Citizentship Behavior Pada karyawan PT. Surya Timur Sakti Jatim.

Sugiyono. (2019). Statistika untuk penelitian. Alfabeta.

Suhendi. (2019). Perilaku Organisasi. CV Pustaka Setia.

Wibowo. (2019). Manajemen Kinerja Edisi 5. Raja Grafindo Persada.