Analisis Potensi, Tantangan dan Strategi dalam Pengembangan Wisata Halal di Banten

Main Article Content

Hafidz Ainur Rofi
Jaharuddin Jaharuddin

Abstract

Dengan semakin banyaknya wisatawan Muslim yang mencari pengalaman liburan yang sesuai dengan syariah Islam, pariwisata halal telah menjadi tren penting di sektor pariwisata internasional. Berkat sejarahnya yang kaya dan keragaman budayanya, Provinsi Banten, Indonesia, memiliki potensi besar untuk pertumbuhan pariwisata halal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi potensi dan hambatan dari pertumbuhan pariwisata halal di Banten. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif yang melibatkan peninjauan literatur. Menurut Global Muslim Travel Index (GMTI), ada empat indikator yang digunakan untuk menilai wisata halal. Mereka adalah aksesibilitas (aksesibilitas), komunikasi (komunikasi), lingkungan (lingkungan), dan layanan (layanan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Banten memiliki potensi untuk berkembang menjadi destinasi pariwisata halal, terutama dengan mempertimbangkan Masjid Agung Banten sebagai salah satu destinasi wisata religius. Wisatawan Banten dapat menikmati pengalaman religius.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rofi, H. A., & Jaharuddin, J. (2024). Analisis Potensi, Tantangan dan Strategi dalam Pengembangan Wisata Halal di Banten. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(5), 435–443. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i5.4224
Section
Articles

References

Al Farisi, M. S. (2022). Konsep Pariwisata Halal Di Indonesia Dalam Perspektif Maqashid Syariah. Perbanas Journal Of Islamic Economics And Business, 2(1), 84-90.

Chookaew, S. (2015). Increasing Halal Tourism Potential At Andaman Gulf In Thailand For Muslim Country. Journal Of Economics, Business And Management, 739-741.

Darusalam, A., & Sinunglingga, G. (2024). Analisis Daya Saing Pariwisata Halal Di Provinsi Banten. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(4), 5092-5106.

Elsa, E., Febriyani, D., & Hasanah, I. (2021). Analisis Faktor-Faktor Dalam Mengembangkan Pariwisata Halal Di Banten. Tazkiyya: Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan Dan Kebudayaan, 22(1), 13-22.

Fitri, Aulia (2016). Www.Disbudpar.Aceh.Go.Id

Gretzel, Et Al (2015). Smart Tourism: Foundation And Develovment. Institute Of Information Management, University Of St Gallen.

Jaharuddin, & Dkk. (2022). Wisata Ramah Muslim: Wisata Halalan Thayyiban. Jakara: Prenada Media.

Kamarudin, L. M. (2013). Islamic Tourism: The Impacts To Malaysia's Tourism Industry. Proceedings Of International Conference On Tourism Development, 397-405.

Kovjanic, G. (2014). Islamic Tourism As A Factor Of The Middle East Regional Development. Turizam Vol 18, 33-43.

Satriana, E. D., & Faridah, H. D. (2018). Wisata Halal: Perkembangan, Peluang, Dan Tantangan. Journal Of Halal Product And Research (Jhpr), 1(02).

Syahrizal, M. (2021). Wisata Halal Di Banten: Perkembangan, Peluang Dan Tantangan Halal Tourism In Banten: Development, Opportunity And Challenge. Dynamic Management Journal, 5(2), 43-57

Most read articles by the same author(s)