Pengaruh Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Hotel dan Restoran Terhadap Penerimaan Pajak Daerah di Badan Pendapatan Daerah Kota Palembang

Main Article Content

Puja Desti Putri
Lili Syafitri
Aris Munandar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat kepatuhan wajib pajak hotel dan pajak restoran terhadap penerimaan pajak daerah. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara datang langsung ke objek penelitian yaitu kantor badan pendapatan daerah kota palembang dengan menggunakan skala rasio. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampel jenuh dimana sampel yang diambil adalah laporan yang berkaitan dengan pajak hotel dan pajak restoran serta laporan penerimaan pajak daerah selama 5 tahun, dimulai dari tahun 2019 s/d 2023. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS V.29. Berdasarkan hasil diperoleh nilai t-hitung tingkat kepatuhan wajib pajak hotel terhadap penerimaan pajak daerah sebesar -1,501 < 0,128 sehingga secara parsial tingkat kepatuhan wajib pajak hotel tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan pajak daerah. Nilai t-hitung tingkat kepatuhan wajib pajak restoran terhadap penerimaan pajak daerah sebesar 4,205 > 0,160, sehingga secara parsial tingkat kepatuhan wajib pajak restoran berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap penerimaan pajak daerah. Nilai f-hitung tingkat kepatuhan wajib pajak sebesar 0,001 dan sig <0,05. Hal ini mengartikan variabel tingkat kepatuhan wajib pajak hotel dan pajak restoran berpengaruh secara bersama-sama terhadap variabel penerimaan pajak daerah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putri, P. D., Syafitri, L., & Munandar, A. (2024). Pengaruh Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Hotel dan Restoran Terhadap Penerimaan Pajak Daerah di Badan Pendapatan Daerah Kota Palembang. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(6), 2039–2049. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i6.5264
Section
Articles

References

Dwirati, L., Tripermata, L., Munandar, A., Perpajakan, S., Penghasilan, P., Sanctions, T., Audit, T., & Revenue, I. T. (2024). Pengaruh Kepatuhan Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, Dan Pemeriksaan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Badan Pada Kpp Pratama Palembang Ilir Timur. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 3973–3979.

Ilhamsyah. 2016. “Pengaruh Pemahaman Dan Pengetahuan Wajib Pajak Tentang Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Samsat Kota Malang)”. Jurnal Perpajakan (JEJAK) Vol. 8 No 1.

Ilyas, W., & Richard, B. 2010. Hukum Pajak. Edisi 5. Jakarta: Salemba Empat

Munandar, A., Coyanda, J. R., & Romli, H. (2024). Analisis PP Nomor 58 Tahun 2023 Terhadap Pemotongan PPH Pasal 21 Karyawan (Studi Kasus pada PT. XYZ). Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Ekonomi Syariah, 10(1), 43–62.

Nilasari, R. (2007). Analisis pengaruh tingkat kepatuhan wajib pajak hotel dan restoran terhadap penerimaan pajak daerah: studi kasus pada suku dinas pendapatan daerah Jakarta Pusat I.

Resmi, S. 2017. Perpajakan Teori dan Kasus (Edisi ke 10 Buku 1). Jakarta: Salemba Empat.

Syefiada, E. L. R. (2020). Analisis Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Hotel Dan Restoran Terhadap Pemasukan Pajak Daerah (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kaimana Papua Barat).

Tahar, Rachman. (2014). “Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak”. Jurnal Akuntansi dan Investasi, Vol. 15, No 1, Januari 2014, Hal : 57-67.

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah

Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2000 tentang Peubahan Pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 1997 tentang Pajak dan Restribusi Daerah.

Most read articles by the same author(s)