Analisis Etika Bisnis dalam Perspektif Islam: Sebuah Kajian Literatur

Main Article Content

Puja Trisena
Jaharuddin Jaharuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis etika bisnis dari perspektif Islam. Etika merupakan kode atau seperangkat prinsip yang membedakan antara yang benar dan yang salah. Sebagai bagian dari filsafat, etika secara rasional dan intensif membahas nilai-nilai, norma, dan moralitas. Realitas dunia Muslim yang menghadapi tantangan ekonomi dan ketergantungan pada negara-negara maju telah mendorong terciptanya pemikiran kolektif untuk mengembangkan aktivitas ekonomi berdasarkan sistem etika Islam. Etika Islam telah menjadi pedoman penting bagi seluruh aktivitas ekonomi di dunia Muslim. Dalam konteks ini, etika bisnis Islam berfungsi sebagai panduan praktis yang mengarahkan umat Muslim menuju kesadaran religius dalam seluruh aktivitas ekonominya. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk jurnal, buku, dan artikel ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika merupakan pedoman moral yang mengatur semua tindakan manusia dan menjadi landasan dalam menilai baik buruknya suatu tindakan. Dalam Islam, agama mengatur segala aspek kehidupan, termasuk ekonomi, dengan menekankan pentingnya keseimbangan dalam membedakan antara kebaikan dan keburukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Trisena, P., & Jaharuddin, J. (2024). Analisis Etika Bisnis dalam Perspektif Islam: Sebuah Kajian Literatur. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(6), 2408–2417. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i6.5343
Section
Articles

References

Andriani, W. (2021). Penggunaan Metode Sistematik Literatur Review dalam Penelitian Ilmu Sosiologi. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 7(2).

A Ghafur - Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2018 - ejournal.unzah.ac.id

A Mundir - “Etika Bisnis Islam Pada Era Distrupsi”, Jurnal Mu'allim, 2020 - jurnal.yudharta.ac.id

Akhmad Mujahidin, Etika Bisnis Dalam Islam (Analisis Terhadap Aspek Moralitas Pelaku Bisnis), Hukum Islam Vol.IV No.2 Desember (2005).

Agustianto, 2009, Etika bisnis Dalam Islam, agustianto weblog.

Akhmad Mujahidin, Etika Bisnis Dalam Islam (Analisis Terhadap Aspek Moralitas Pelaku Bisnis), Hukum Islam Vol.IV No.2 Desember (2005).

Cahyono, E. A., Sutomo, N., & Hartono, A. (2019). Literatur review; panduan penulisan dan penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12(2), 12.

Dumaery. 2002. Lembaga Keuangan Islam Problem Tantangan dan Peluang di Era Informasi, dalam Bank Syari’ah Analisis Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman. Yogyakarta: Ekonisia.

Drs. H. Aris Baidowi, M.Ag. JHI, Volume 9, Nomor 2, Desember 2011 ETIKA BISNIS PERSPEKTIF ISLAM

Dewan Syari’ah Nasional. 2001. Himpunan Fatwa Dewan Syari’ah Nasional, Untuk Lembaga keuangan Syari’ah. Jakarta: Majelis Ulama Indonesia dan Bank Indonesia.

DL Handayani - “Etika Bisnis Islam: Sebuah Kajian Komparatif”, Jurnal BAABU AL-ILMI: Ekonomi Dan Perbankan …, 2019 - core.ac.uk

Dr. Ika Yunia Fauzia, Lc., M.E.I. 2018“Etika Bisnis Dalam Islam”

Gadamer, George Hans. 2004. Truth and Method (Kebenaran dan Metode), Pengantar Filsafat Hermeneutika. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jaharuddin, Bambang Sutrisno 2018. Pengantar Ekonomi Islam, Jakarta: Salemba Diniyah.

Jaharuddin, 2021. Tulisan Populer Wakaf, Ekonomi dan Bisnis.

Muhammad. 2000. Sistem dan Prosedur Operasional Bank Syari’ah. Yogyakarta: UII Press.

______. 2002. Manajemen Bank Syari’ah. Yogyakarta: UPP AMP YKPN

M Djakfar, 2007, Etika bisnis dalam Perspektif Islam - repository.uin-malang.ac.id

MK Zubair – “Implementasi Etika Bisnis Islam”, 2023 - repository.iainpare.ac.id

Praja, Juhaya S. 2004. “Pemberdayaan Ekonomi Rakyat Melalui Unit Simpan Pinjam Syari’ah (USPS) dan Baitul Mal wa Tamwil (BMT)”, dalam Ahmad Hasan Ridwan (Editor), BMT & Bank Islam. Bandung: Adzkia.

Sudarsono, Heri. 2003. Konsep Ekonomi Islam: Suatu Pengantar. Yogyakarta: Adipura

Sri Nawatmi, Fokus Ekonomi, 2010. Etika Dalam Perspektif Islam

Sabahuddin Azmi, An Islamic Approach toBusiness Ethics, www.renaissance.com.pk

Wardi, Ibrahim. 2000. Islamic Finance in the Global Economi. Edinburgh University Press.

Widyastuti, Sri. 2019. Implementasi Etika Islam Dalam Dunia Bisnis. Malang: CV Irdh.

Yusnanto, Ismail, Muhammad Widjayakusuma, dan Muhammad Karebet. 2002. Menggagas Bisnis Islami. Jakarta: Gema Insani.

Zamzam, Fakhry, dan Havis Aravik. 2020. Etika Bisnis Islam. Yogyakarta: Deepublish

Most read articles by the same author(s)