EFEKTIVITAS INDIVIDU, KELOMPOK, DAN ORGANISASI TERHADAP PENANGANAN KREDIT MACET PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA BPR ARTO MORO SEMARANG)

Main Article Content

Fandil Fandil
Zumrotun Nafiah
Yovita Mumpuni Hartarini

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis efektivitas individu, kelompok, dan organisasi terhadap penanganan kredit macet di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Desain penelitian cross sectional. Tempat penelitian di BPR Arto Moro Semarang. Waktu penelitian pada bulan Januari-Desember 2022. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah kredit BPR Arto Moro Semarang tahun 2020-2021 sebanyak 915 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 915 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Sumber data primer yaitu Data Potensi Debitur Terdampak Virus Corona Pada Sektor Perbankan BPR Arto Moro Semarang. Sumber data sekunder yaitu data nasabah kredit BPR Arto Moro Semarang. Metode pengumpulan data primer dan sekunder menggunakan. Metode analisis data menggunakan analisis distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penanganan penagihan kredit macet secara individu oleh sales (AO) dengan hasil efektif dibandingkan penanganan penagihan kredit macet secara Kelompok Dept Kolektor (Collective) dan BPR/Recovery Aset dengan hasil tidak efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fandil, F., Zumrotun Nafiah, & Yovita Mumpuni Hartarini. (2022). EFEKTIVITAS INDIVIDU, KELOMPOK, DAN ORGANISASI TERHADAP PENANGANAN KREDIT MACET PADA MASA PANDEMI COVID-19: (STUDI PADA BPR ARTO MORO SEMARANG). EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 2(1), 97–109. https://doi.org/10.56799/ekoma.v2i1.879
Section
Articles