Inovasi dan Kreativitas Masyarakat Banjar Dalam Memanfaatkan Barang Bekas Untuk Peningkatan Ekonomi

(Studi Kasus Balai Kerja Gelisah Lingkungan Banjar Kelurahan Banjar Kecamatan Ampenan Kota Mataram)

Authors

  • Salwa Hayati Universitas Islam Negeri Mataram
  • Husniawati Husniawati Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.56799/jceki.v1i6.1011

Abstract

Pemanfaatan barang bekas adalah salah satu bentuk dari inovasi dan kreativitas masyarakat dalam mengelola sampah yang ada menjadi suatu yang kreatif sehingga dapat meningkatkan perekonomian yang ada di lingkup masyarakat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan dampak dari inovasi dan kreativitas masyarakat banjar dalam memanfaatkan barang bekas untuk peningkatan ekonomi di lingkungan banjar kelurahan banjar kecamatan ampenan kota mataram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang digunakan adalah data primer yaitu melalui wawancara kepada responden yaitu masyarakat banjar sebagai pengelola, lurah banjar, kepala lingkungan, dan para pengerajin barang bekas yang ada di kawasan lingkungan banjar kelurahan banjar kecamatan ampenan kota mataram.

Dari hasil temuan di lapangan terdapat bentuk inovasi dan kreativitas masyarakat banjar dalam memanfaatkan barang bekas seperti bekas botol di buat menjadi vot bunga, bungkus kopi atau es dibuat menjadi tas, dompet, dan lain-lain serta terdapat beberapa aspek yang mendorong berkembangnya balai kerja gelisah ( Gerakan Lingkungan Sampah Nihil ) yaitu peran pemerintah dalam hal mengeluarkan kebijakan pengelolaan sampah dan peran sekaligus kesadaran masyarakat dalam mengembangkan tempat kerajinan sampah. Hal inilah yang mendorong masyarakat untuk terus meningkatkan kreativitas sumber daya manusia guna untuk meningkatkan sumber pendapatan masyarakat melalui pengelolaan dan pemanfaatan barang bekas.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat dampak yang sangat besar dari adanya balai kerja gelisah yaitu tempat pemanfaatan dan pengelolaan sampah, dilihat dari meningkatnya pendapatan sumber ekonomi masyarakat, mengubah prilaku masyarakat, serta dapat mengembangkan ekonomi kreatif di lingkungan banjar kelurahan banjar kecamatan ampenan kota mataram.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Salwa Hayati, & Husniawati, H. (2022). Inovasi dan Kreativitas Masyarakat Banjar Dalam Memanfaatkan Barang Bekas Untuk Peningkatan Ekonomi: (Studi Kasus Balai Kerja Gelisah Lingkungan Banjar Kelurahan Banjar Kecamatan Ampenan Kota Mataram). J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(6), 850–857. https://doi.org/10.56799/jceki.v1i6.1011

Issue

Section

Articles