Dampak PHK Karyawan Perusahaan Shopee Terhadap Perkembangan Perusahaan

Authors

  • Arif Riyukuri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Salsabila Zahwa Adinda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Satria Lam Syafi’i Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Purnama Ramadhani Silalahi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.56799/jceki.v2i2.1237

Abstract

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sangat berdampak kepada karyawan dan perekonomian Indonesia yakni menyebabkan angka pengangguran semakin tinggi,  meningkatnya angka kemiskinan, tingkat kejahatan dan memburuknya keuangan perkapita. Namun Pemutusan Hubungan Kerja juga berdampak terhadap perkembangan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penenelitian kualitatf dengan analisis deskriptif. Penelitian ini menemukan bahwa pemutusan hubungan kerja memengaruhi kondisi keuangan bisnis shopee sehingga Shopee melakukan PHK sebagai respons defensif terhadap guncangan ekonomi yang merugikan. Dalam rangka memperbaiki dan mempertahankan kondisi keuangan di perusahaannya, Shopee mulai meminimalisir pengeluaran perusahaan yang terdampak dari penurunan saham dengan melakukan perampingan pada struktur perusahaannya yaitu dengan cara Pemutusan Hubungan Kerja kepada 187 karyawan shopee yang tersebar di seluruh Indonesia. Strategi ini dianggap menjadi langkah yang tepat dikarenakan Shopee ingin menjaga kualitas sumber daya dan pengetahuan perusahaan yang ada agar mampu bersaing sehingga dapat beradaptasi dengan lingkungan eksternal. Disamping itu manajer shopee  berusaha melindungi dan memaksimalkan kekayaan perusahaan melalui kinerja perusahaan karena tingkat produktivitas karyawan di suatu perusahaan mempengaruhi tingkat kualitas operasional dengan cara dana yang sebelumnya digunakan untuk membiayai karyawan tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan laba perusahaan demi kinerja keuangan perusahaan yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifatul Laili Fajriah dkk, (2022). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan, Universitas Islam Kadiri. Vol 7, No 1.

Atina Fiqha Q, (2018). Analisis Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Beroperasinya Perusahaan Digital Berbasis Aplikasi Online : Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Transportasi, Retail Trade Dan Perbankan di Indonesia, skripsi fakultas ekonomi, Universitas Islam Indonesia.

Aniela Nurminda, D. I. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Barang dan Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015). e-Proceeding of Management, 542-548.

Arens, e. a. (2010). Auditing and Assurance Services: An Integrated. Pearson Prentice Hall.

Desysetyowati. (2022, September 28). Penyebab Shopee PHK, Tutup Layanan, dan Mulai Kejar Untung. Retrieved from Katadata.co.id: https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/6333f96f2711b/penyebab-shopee-phk-tutup-layanan-dan-mulai-kejar-untung

Fahmi Audhi Wiyanta, (2021). Pengaruh Downsizing Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Prodiktivitas Karyawan Sebagai Variabel Intervening. AKUNESA: Jurnal Akuntansi Unesa. Vol 9, No 2.

Fellya Salsabilla Nadiansyah, Rully Indrawan, Saiful Almujab, (2022) Analisis Srategi Promosi E-commerce Shopee Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, ISSN Online: 2549-2284 Volume VI Nomor 1.

Gunawan, S. (2011). Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Pasca Pemutusan Hubungan Kerja. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial.

H. D. Permana, A. A. Hapsari, D. Nugraha, and A. Jaenul, (2021) Evaluasi Kinerja Sistem Aplikasi E-commerce Shopee menggunakan Metode PIECES Framework, J. ICT Inf. Commun. Technol., vol. 20, no. 2, hal 202–209.

Indonesia, U.-U. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Retrieved from Kemperin.go.id: https://kemenperin.go.id/kompetensi/UU_13_2003.pdf

Jenny F Saragih, Dkk. Strategi Pemasaran Shopee di Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau dari Utilitarian Approach dalam Etika Bisnis. Skripsi Universitas Gajah Mada

Kalakota, R. a. (1997). Electronic commerce : a manager’s. Hallow, England: Addison-Wesley: Reading, Mass.

Kusumajaya, D. K. (2011). Pengaruh Struktur Modal Dan Pertumbuhan. Program Pascasarjana Universitas Udayana.

Lina Ayu Safitri dan Chriswardana Bayu Dewa,(2020). Analisa Pengaruh Masa New Normal Pada Penjulan onine melalui E- Commerce Shopee. Jurnal Manajeman DAYASAING, Vol 22 No 2.

Mokh. Thoif. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap Karyawan Terdampak Pandemi Covid-19, Fakultas Hukum, Universitas Sunan Bonang, Vol 22 Issue 2: 265-285.

M. P. (2009). Asumsi Going Concern: Suatu Tinjauan Terhadap Dampak Krisis Keuangan atas Opini Audit dan Laporan Keuangan.

Manisha Guftah, G. R. (2012). Effect of Various Media Types on the Rate of Growth of Aspergillus niger. Jurnal Fundamental and Applied Life, 141-144.

Nabila Pranowo,A, N, (2020) Analisis Strategi Keberhasilan Shopee Di Indonesia Pada Tahun 2015-2019. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

Reza Novitasari, K. (2021). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, dan Firm Size terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2020. Jurnal Akuntansi dan Manajemen (JAM), 71-81.

Shafira. (2022, Agustus 15). Resesi Global dan Pengaruh Terhadap Start Up di Indonesia. Retrieved from digitalbisa: https://digitalbisa.id/artikel/resesi-global-dan-pengaruh-terhadap-start-up-di-indonesia-aefCv

Suryandani,A, (2018). Pengaruh pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Properti dan Real Estate, Jurnal Universitas Muria Kudus. Vol. 1 No. 1.

Turban E., K. D. (2002). Electronic. New York: A Managerial Perspective (Second edition).

Wibowo, E. A. (2009). Pemanfaatan Teknologi E-Commerce Dalam Proses Bisnis. Jurnal Equilibia, Vol 1, No 1.

Y.L.R Rehatalanit, Peran E-Commerce Dalam pengembangan Bisnis, Universitas Suryadarma jakarta.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Riyukuri, A., Salsabila Zahwa Adinda, Satria Lam Syafi’i, & Purnama Ramadhani Silalahi. (2023). Dampak PHK Karyawan Perusahaan Shopee Terhadap Perkembangan Perusahaan. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(2), 119–129. https://doi.org/10.56799/jceki.v2i2.1237

Issue

Section

Articles