Analisis Program Dinas Perdagangan Kota Medan Terhadap Peningkatan Usaha Kecil Menengah (UKM) Pada Usaha Tape Di Kelurahan Baru Ladang Bambu Kecamatan Medan Tuntungan

Authors

  • Lia Purnama Sari Prodi Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Yafiz Prodi Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.56799/jceki.v1i2.149

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan program Dinas Perdagangan terhadap peningkatan usaha  kecil, dan menengah (UKM ) pada usaha tape di Kelurahan Baru Ladang Bambu Kecamatan Medan Tuntungan  , dan untuk mengetahui faktor penghambat dalam meningkatkan usaha kecil, dan menengah (UKM ) pada usaha tape di Kelurahan Baru Ladang Bambu Kecamatan Medan Tuntungan . Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu memberikan deskripsi atau penjelasan yang sesuai secara objektif terkait dengan situasi actual objek yang diteliti. Instrument pengumpulan data adalah wawancara dan observasi di lokasi dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Dinas Perdagangan Kota Medan terhadap peningkatan Usaha Kecil Menengah (UKM) pada usaha tape di Kelurahan Baru Ladang Bambu Kecamatan Medan Tuntungan yaitu melalui perbaikan kemasan produk, berkontribusi dengan pasar modern, dan berkontribusi dengan start-up dan faktor penghambat yang dihadapi oleh Dinas Perdagangan Kota Medan terhadap peningkatan Usaha Kecil Menengah di Kelurahan Baru Ladang Bambu Kecamatan Medan Tuntungan yaitu rendahnya kualitas sumber daya manusia dan terbatasnya modal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, Feni, dkk. 2020. Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitas Pihak Eksternal Dan Potensi Internal (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha “Emping Jagung” di Kelurahan Pandawangi Kecamatan Blimbing, kota Malang), Jurnal Administrasi Publik, Vol. 1 No. 6.

Angin, Ria dan Andini Purwaningrum. 2019. Program Pemberdayaan Masyarakat Oleh Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Bagi Pengusaha Kecil Di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, Artikel, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jember.

Astari, Suci. 2019. Strategi Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Langkat dalam Pengembangan Sector Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Skripsi, Program Studi Ekonomi Islam UINSU.

Halim, Abdul. 2020. Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamaju, Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, Vol.1 No.2.

Harahap, Isnaini. 2016. Analisis Dampak Penerapan Perbankan Syariah Terhadap Sector UMKM di Sumatera Utara, Disertasi, Program Doktor Ekonomi Syariah Pascasarjana UINSU.

Jauhari, Jaidan. 2018. Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Dengan Memanfaatkan E-Commerce, Jurnal Sistem Informasi, Vol. 2 No.1.

Malwat, Muh.Saleh. 2019. Kewirausahaan Pendidkan. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Partomo, Tiktik Sartika dan Abd. Rachman Soejoejoedono. 2018. Ekonomi Skala Kecil/Menengah dan Koperasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sani,Adam. 2021. Strategi Dinas Perindustrian, Perdagangan Dan Koperasi (PERINDAGKOP) Kabupaten Nagan Raya Dalam Mengembangkan Usaha Kecil Dan Menengah, Jurnal Public Policy.

Sulistyorini, dkk. 2019. Supervisi Pendidikan. Riau: DOTPLUS Publisher.

Downloads

Published

2022-02-26

How to Cite

Lia Purnama Sari, & Muhammad Yafiz. (2022). Analisis Program Dinas Perdagangan Kota Medan Terhadap Peningkatan Usaha Kecil Menengah (UKM) Pada Usaha Tape Di Kelurahan Baru Ladang Bambu Kecamatan Medan Tuntungan. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(2), 106–112. https://doi.org/10.56799/jceki.v1i2.149

Issue

Section

Articles