Identifikasi Miskonsepsi Tanaman Rimpang pada Siswa Kelas XI di MA Sabilul Ulum Mayong

Authors

  • Haqimatul Lubab Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Febrianti Febrianti Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Nafisa Alvy Siswanto Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Rizky Galuh Octaviani Institut Agama Islam Negeri Kudus

DOI:

https://doi.org/10.56799/jceki.v2i3.1550

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian diskriptif  yang bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat miskonsepsi tanaman rimpang pada remaja. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 2 sebanyak 30 orang. Instrumen pada penelitian ini adalah three-tier test terdiri dari tiga tingkatan yaitu soal dengan tiga jawaban pengecoh, tingkat keyakinan jawaban dan alasan jawaban. Teknik pengumpulan data berupa pengisian kuesioner dan tes diagnostic, kemudian data di analisis menggunakan CRI (Certainty of Response Index). Hasil Penelitian di ketahui 46, 3% siswa mengalami miskonsepsi dan 27, 3% paham pada konsep. Miskonsepsi terhadap tumbuhan rimpang yang terjadi pada siswa dikategorikan tinggi. Implikasi penelitian ini, pendidik dapat menganalisis miskonsepsi yang dialami oleh siswa, dan menggunakan metode pembelajaran yang cocok supaya miskonsepsi tersebut tidak terulang kembali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggrayni, S., & Ermawati, F. U. (2019). The Validity of Four-Tier’s Misconception Diagnostic Test for Work and Energy Concepts. Journal of Physics : Conference Series, 1171(1), 1–14.

Annisa, R., Astuti, B., & Mindyarto, B. N. (2109). Tes Diagnostik Four Tier untuk Identifikasi Pemahaman dan Miskonsepsi Siswa pada Materi Gerak Melingkar Beraturan. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 5(1).

Cepni, S., Ulger, B. B., & Ormanci, U. (2017). PreService Science Teachers’ Views Towards the Process of Associating Science Concepts with Everyday Life. Journal of Turkish Science Education, 14(4), 1–15.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Tes Diagnostik. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Devina, L. (2018). Pengembangan dan Implementasi Four-Tier Diagnostic Test untuk Mengungkap Miskonsepsi pada Materi Fotosintesis Kelas VII di Ms. Al-Hikmah Tayan Hilir. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Gurel, D. ., Eryilmaz, A., & McDermott, L. . (2015). A Review and Comparison of Diagnostic Instruments to Identify Students’ Misconceptions in Science. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology

Downloads

Published

2023-04-17

How to Cite

Lubab, H., Febrianti, F., Siswanto, N. A. ., & Octaviani, R. G. . (2023). Identifikasi Miskonsepsi Tanaman Rimpang pada Siswa Kelas XI di MA Sabilul Ulum Mayong. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(3), 278–284. https://doi.org/10.56799/jceki.v2i3.1550

Issue

Section

Articles