Aplikasi Media Reading Card Untuk Meningkatkan Keterampilan Reading Aloud Kelas 2 SD Inpres Barombong 2

Main Article Content

Andi Dewi Riang Tati
Sayidiman Sayidiman
Lulu Nursintiah
St. Jauhar St. Jauhar
Muliadi Muliadi
Bahri Bahri

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca siswa kelas II SD Inpres Barombong 2. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas II SD Inpres Barombong 2. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penggunaan kartu membaca untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SD Inpres Barombong 2. Hasil penelitian ini adalah aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini terlihat pada nilai rata-rata yang dihasilkan pada siklus 1 yaitu 63,2 dan siklus II menjadi 85,2. Selain itu hasil observasi kegiatan mengajar guru pada siklus 1 berada pada kategori kurang (K) sedangkan pada siklus II berada pada kategori cukup (C). Aktivitas siswa pada siklus 1 berada pada kategori cukup (C), dan pada siklus II berada pada kategori baik (B). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media kartu baca dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II SD Inpres Barombong 2

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Andi Dewi Riang Tati, Sayidiman, S., Lulu Nursintiah, St. Jauhar, S. J., Muliadi, M., & Bahri, B. (2023). Aplikasi Media Reading Card Untuk Meningkatkan Keterampilan Reading Aloud Kelas 2 SD Inpres Barombong 2 . J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(5), 396–403. https://doi.org/10.56799/jceki.v2i5.1735
Section
Articles

References

Amrih, N. K. P., Chudori, D. N. K. L. S., Perwakilan, D. R. D. T. D., & Daerah, R. (2013). 4 Bentuk, Makna, Dan Fungsi Bahasa Tulis Media Sosial Sebagai Alat Komunikasi Dan Interaksi Pada Internet.

Fitriani, F. (2018). Keterampilan Membaca Nyaring Dengan Menggunakan Media Kartu Kata. Pedagogik Journal Of Islamic Elementary School, 1(1), 37–46.

Kaban, S., & Lutmila, T. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Pondok Labu 12 Pagi Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Pgsd, 8(2), 1–14.

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127–137.

Sudarsana, U. (2014). Pembinaan Minat Baca. Universitas Terbuka, 1(028.9), 1–49.

Sulastri, H. M., Saleh, Y. T., & Sunanih, S. (2020). Pengaruh Media Kartu Kuartet Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 486–492.

Tajuddin, S. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Siswa. Parameter: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29(2), 200–215.