Tindak Tutur Direktif dalam Seminar Proposal Penelitian Mahasiswa Universitas Merangin

Main Article Content

Musawwir Musawwir

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendepenelitiankan tindak tutur direktif dan menjelaskan mengapa tindak tutur tersebut digunakan dosen dalam seminar proposal penelitian mahasiswa Universitas Merangin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah dosen yang terlibat dalam seminar proposal penelitian. Data penelitian dikumpulkan dengan cara mengamati, membuat catatan lapangan, serta merekam pelaksanaan seminar proposal penelitian dari awal sampai selesai. Selanjutnya, rekaman seminar ditranpenelitiankan ke dalam bahasa tulis, kemudian diidentifikasi, diklasifikasikan, dan diiventarisasikan sesuai tujuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa tindak tutur direktif yang digunakan dosen dalam seminar proposal penelitian mahasiswa adalah bertanya, menuntut, menyuruh, melarang, dan menyarankan. Tindak tutur direktif yang banyak digunakan adalah bertanya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Musawwir, M. (2023). Tindak Tutur Direktif dalam Seminar Proposal Penelitian Mahasiswa Universitas Merangin. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(1). https://doi.org/10.56799/jceki.v3i1.2613
Section
Articles

References

Agustina, Darwis. (2019). Tindak Tutur Direktif Guru Di Lingkungan SMP Negeri 19 Palu: Kajian Pragmatik. Jurnal Bahasa dan Sastra, 4(2), 21-30.

Austin, J.L. 1984. How to Do Thing With Word. New York: Oxford Press.

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: RinekaCipta.

Gunarwan, Asim. 1994. Kesantunan Negatif di Kalangan Dwibaha sawan Indonesia-Jawa di Jakarta: Kajian Sosiopragmatik. Dalam PELLBA 7:81-111.

Ibrahim, Abdul Syukur. 1993. Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional.

Manaf, Ngusman Abdul. 2008. Semantik dan Terapannya dalam Bahasa Indonesia. Padang: Sukabina.

Nadar FX. 2013. Pragmatikdan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Searle, John R. 1975. Indirect Speech Acts. Dalam P. Cole dan J. Morgan (ed). Syntax and Semantics. Vol. 3: Speech Acts. New York: Academic Prees.

Syahrul R. 2008. Pragmatik Kesantunan Berbahasa. Padang: UNP Press.

Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: PustakaPelajar.