Environmental Governance Dan Kosmologi Lokal Masyarakat Melayu Jambi Terhadap Hutan Adat Desa Senamat Ulu

(Studi Di Desa Senamat Ulu Kabupaten Bungo Provinsi Jambi)

Authors

  • Siti Mulyati Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.56799/jceki.v1i3.264

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejarah hutan adat senamat ulu dalam melestarikan mengelola hutan adat yang ada dan ingin mengetahui bagaimana pengetahuan masyarakat terhadap adanya hutan adat desa senamat ulu, dan bagaimana penerapan kosmologi local masyarakat senamat ulu terhadap hutan adat, dan bagaimana environmental masyarat hutan adat desa senamat ulu terhadap adaya hutan adat di desa senamat ulu, untuk mengetahui bagaimana kosmologi local masyarakat senamat ulu terhadap adanya hutan adat, dan bagaimana upaya pemerintah dalam memelihara hutan adat senamat ulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan bagaimana pengetahuan dan kepercayaan masyarakat terhadap adanya hutan adat. Penelitian ini dimaksud untuk mengetahui seberapa besar masyarakat senamat ulu mengetahui ap aitu hutan ada, dan bagaimana upaya pemerintah desa dalam mengelola hutan adat yang ada. Dalam sejarah adanya PT sawit yang masuk ke dalam Kawasan hutan adat membuat masyarakat terganggu karena penebangan pohon secara illegal, upaya yang dilakukan masyarakat adat dalam mengelola hutan adat secara musyawarah adat. Mereka yang merusak hhutan adat akan dikenakan sanksi secara adat, dalam mengelola hutan adat upaya yang dilakukan pemerintah membuat reboisasi dan system tebang tanam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Moon Tae Hoon. (2010). ‘Green growth policy in the Republic of Korea: Its promise and pitfalls’. Korea Observer, vol. 41. no. 3 pp. 379–414

Mulyadi, M., & Pusat, J. (2013). Pemberdayaan Masyarakat Adat Dalam Pembangunan Kehutanan (Studi Kasus Komunitas Batang di Kota Palopo, Sulawesi Selatan). Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan.

Ruth A. Eblen and William R. Eblen. (2011). ‘The encyclopedia of the environment’. The encyclopedia of the environment.

Slamet Muljono. (2008) “Pendidikan Lingkungan hidup Bagi Pimpinan Aparatur Pemerintahan Dalam Mewujudkan Good Governaance” Jurnal Widyaprana. Vol 1.

Downloads

Published

2022-03-30

How to Cite

Siti Mulyati. (2022). Environmental Governance Dan Kosmologi Lokal Masyarakat Melayu Jambi Terhadap Hutan Adat Desa Senamat Ulu : (Studi Di Desa Senamat Ulu Kabupaten Bungo Provinsi Jambi). J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(3), 151–159. https://doi.org/10.56799/jceki.v1i3.264

Issue

Section

Articles