Sistem Ketahanan Sosial Masyarakat Adat Marga Pulungan dalam Menjaga Eksistensi Struktur Kekeluargaan Geneologis: Studi Kasus di Desa Huta Bargot Padang Lawas

Authors

  • Nur Nauba Pulungan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Suheri Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Neila Susanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.56799/jceki.v3i2.2643

Abstract

Era globalisasi saat ini sukar ditemukan suatu desa dengan penduduk masyarakat adat yang berdasarkan asas keturunan geneologis atau semarga di satu ruang geografis. Dominan suatu desa, penduduk masyarakatnya beridentitas multietnis atau multimarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ketahanan suatu masyarakat komunal dalam mempertahankan dan mengembangkan strategi ketahanan sosial kekeluargaan di Desa Huta Bargot. Data diperoleh menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melakukan tindakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta triangualasi yang digunakan ialah triangulasi sumber. Terjadinya ketahanan masyarakat adat marga Pulungan ini ialah secara alamiah dan terlaksana turun-temurun hingga saat ini. Masyarakat marga Pulungan tidak menghambat kelompok-kelompok marga lain untuk menjadikan Desa Huta Bargot sebagai tempat bermukim tetap dalam menjalankan aktivitas kehidupan sosial bersama kelompok marga Pulungan, namun dominan kelompok dari marga lain yang mencoba bergabung tidak bertahan lama bermukim, karena adanya kepaduan dan persatuan kelompok marga Pulungan dalam menjaga keharmonisan hubungan kekeluargaan bersama serta sumber ekonomi yang tidak mumpuni bagi kelompok pendatang marga lain sehingga menjadikan Desa Huta Bargot sebagai desa yang dihuni oleh anggota keluarga hubungan semarga dan sedarah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Khairul. “Konsep Sosiologi Ibn Khaldun.” Jurnal Sosiologi Agama 12, no. 1 (2018): 92.

Harahap, Nusapia. Penelitian Kualitatif. Edited by Hasan Sazali. 1st ed. Medan Sumatera Utara: Wal ashri Publishing, 2020.

Pulungan, Abbas. “Peran Dalam Proses Interaksi Antara Nilai-Nilai Adat Dengan Islam Pada Masyarakat Mandailing Dan Angkola Tapanuli Selatan” (2018): 84.

Sobry Sutikno, Prosmala Hadi saputra. Penelitian Kualitatif. Edited by Nurlaeli. 1st ed. Lombok: Holistic Lombok, 2020.

Thalia, Ester. “Marga Dalam Suku Batak Sangatlah Penting.” Jurnal Sosial Pendidikan (2019): 1–7.

Downloads

Published

2024-02-05

How to Cite

Nur Nauba Pulungan, Suheri Harahap, & Neila Susanti. (2024). Sistem Ketahanan Sosial Masyarakat Adat Marga Pulungan dalam Menjaga Eksistensi Struktur Kekeluargaan Geneologis: Studi Kasus di Desa Huta Bargot Padang Lawas. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(2), 421–427. https://doi.org/10.56799/jceki.v3i2.2643

Issue

Section

Articles