Peta Pemikiran Pendidikan Islam Di Indonesia

Authors

  • Mujiburrohman Mujiburrohman Institut Islam Mambaul Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.56799/jceki.v1i3.338

Keywords:

Problematika, Pemiikiran, Pendidikan Islam

Abstract

Landasan dalam pendidikan Islam adalah Al Quran dan Hadis. Quran merupakan mukjizat yang diberikan Allah kepada Muhammad SAW. Nilai-nilai terkandung dalam Quran merupakan pedoman bagi seluruh umat muslim untuk dipercayai dan diikuti. Salah satu nilai yang terkandung dalam Quran adalah nilai-nilai dasar tentang pendidikan. Sumber ayat kauliyah (perkataan Allah dalam Quran) dan ayat kauniyah (alam semesta) ini menjadi teori pendidikan masih bersifat umum sehingga nantinya bisa dikaji lebih sepesifik dan didialogkan dengan fakta yang ada dengan pengamatan-pengamatan secara spesifik melalui penelitian ilmiah yang akhirnya bisa memberikan jawaban baru atas pertanyaan dan perkembangan teori. Selanjutnya pengembangan teori ini diuraikan secara jelas dan dikembangkan lebih dalam sebagai metode pada pendidikan Islam. Realitas saat ini pemikiran dalam pendidikan Islam di Indonesia sudah mulai berkembang dalam berbagai bentuk. Namun sistem pendidikanya masuh terpengaruh dengan sistem pendidikan umum. Faktor yang mempengaruhi yaitu masalah dikotomi ilmu pengetahuan, yang mana hal tersebut sudah diperdebatkan di dunia Islam sejak zaman kemunduran Islam sampai saat ini.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayunia Ilma, Kambali, Mujani Akhmad. 2019. Tujuan Pendidikan Islam Dalam Membangun Karakter Siswa Di Era Digital (Studi Analisis Pemikiran Islam Abuddin Nata). jurnal pendidikan dan studi islam.5.

Dr.Lalu Muhammad Nurul Wathoni,M.Pd.I. 2018. Filsafat Pendidikan Islam. Analisis Pemikiran Filosofi Kurikulum 2013. CV uwais inspirasi indonesia.

Dr.Mahfud junaedi, M.Ag. 2007. Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam. PT. Kharisma Putra Utama.

Fahri Hidayat. 2015. ”Pengembangan Paradigma Integrasi Ilmu: Harmonisasi Islam dan Sains dalam Pendidikan”. Jurnal Pendidikan Islam, Vol.IV. No.2

Hamdani Ihsan. 1998. filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia. h.45.

Louis O . Kattsoff. 1996. Pengantar filsafat ,ter.soejono soemargono. Yogyakarta:penerbit tiara wacana. h .327.

Lukman Surya, M.Pd, Nur Kholik, M.Si. 2020. Manifesto Modernisasi Pendidikan Islam. Ulasan Pemikiran Soekarno. Edu Phubuser.

M. Yunus Abu Bakar. 2015. “Problematika Pendidikan Islam di Indonesia”. DIRASAT Jurnal Manajemen & Pendidikan Islam Vol.1.no1. h. 100.

Mahfud Junaedi, Paradigma Baru Filsafat pendidikan islam. 2017. Depok: PT. Kharisma Putra Utama. h. 321.

Mujtahid. 2011. Reformasi Pendidikan Islam; Meretas Mindset Baru , Meraih Paradigma Unggul. Malang : UIN Maliki Press. h .37.

Naibin, Edi Nurhidin. 2020. ” Paradigma Pendidikan Islam Integratif”, dalam Prosiding Muktamar Pemikiran Dosen PMII ed. Maftikhin. Tulungagung: ADP

Nur Arifin, dkk. 2018. Aliran dan Pemikiran Pendidikan Islam, ed. Evi Fatimatur Rusydiyah Sidoarjo: Dwiputa Pustaka Jaya.

Saparudin. 2018. “Gerakan Keagamaan dan Peta Afiliasi Ideologis Pendidikan Islam di Lombok”. Jurnal Miqot, vol.12. No.1. h. 221.

Sehat Sulthoni Dalimunthe. 2014. “Peta Ilmu Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Tarbiyah, Vol.21, No. 2. h. 320.

Taufik. 2010. Peta Pemikiran Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Hunafa.7.

Uyoh Saduloh. 2009. Pengantar Filsafat Pendidikann. Bandung: Alfabeta. h. 36.

Wardi Moh. 2013. Problematika Pendidikan Islam Dan Solusi Alternatifnya Prespektif Ontologis,Epistimologis, dan Aksiologis. Tadris.8.

Downloads

Published

2022-04-27

How to Cite

Mujiburrohman, M. (2022). Peta Pemikiran Pendidikan Islam Di Indonesia . J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(3), 261–271. https://doi.org/10.56799/jceki.v1i3.338

Issue

Section

Articles