Magdalene.Co dan Jurnalisme Berperspektif Gender Pada Pemberitaan Kekerasan Seksual di Kampus

Main Article Content

Retno Manuhoro Setyowati

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana artikel berjudul "Bagaimana Ciptakan Kampus Aman dari Kekerasan Seksual" di Magdalene.co dibingkai untuk menanggapi maraknya kasus pelecehan seksual di lingkungan kampus. Artikel yang diterbitkan pada tanggal 5 Maret 2021 ini dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui observasi dan telaah dokumen terkait profil media Magdalene.co. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana wartawan Magdalene.co membingkai pemberitaan dan proses kreatif mereka dalam menyampaikan jurnalisme berperspektif gender. Analisis teks pemberitaan dilakukan dengan menggunakan model framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa artikel tersebut dibingkai secara efektif untuk mengedukasi dan memobilisasi pembaca mengenai pentingnya menciptakan lingkungan kampus yang aman. Penggunaan struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris dalam artikel ini memperkuat pesan yang disampaikan dan mendorong tindakan nyata untuk mengatasi kekerasan seksual di kampus.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Setyowati, R. M. (2022). Magdalene.Co dan Jurnalisme Berperspektif Gender Pada Pemberitaan Kekerasan Seksual di Kampus. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(4), 458–466. https://doi.org/10.56799/jceki.v1i4.3696
Section
Articles

References

Adinda, P. (2021). Magdalene.co dan Konde.co Kena Serangan Digital, Peran Pers Mempromosikan HAM dan Keberagaman Dihalangi. https://www.asumsi.co/post/59168/magdaleneco-dan- kondeco-kena-serangan-digital-peran-pers-mempromosikan-ham-dan-keberagaman-dihalangi/

Detik News. (2020). Mahasiswa UI Alami Pelecehan Seksual, Dosen Diproses Hukum.

Elindawati, R. (2021). Perspektif Feminis dalam Kasus Perempuan sebagai Korban Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi. AL-WARDAH: Jurnal Kajian Perempuan, Gender dan Agama)​, IAIN Ternate Journal.

Eriyanto. (2020). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. LKIS.

Iskandar, K. (2021). “Pemberitaan Kekerasan Seksual di Kampus dalam Media Online”. IAIN Ternate Journal.

Jones, A. (2021). Gender-sensitive journalism in reporting campus sexual violence. Journal of Media Ethics, 35(2), 123-135.

Kompas. (2021). Kasus Pelecehan Seksual di Undip, Mahasiswa Tuntut Keadilan.

LPM FPB UNSOED. (2020). “Pelecehan Seksual di Ranah Kampus”. IAIN Ternate Journal.

Media Indonesia. (2019). Mahasiswi UGM Laporkan Pelecehan Seksual oleh Dosen Pembimbing.

Perempuan, K. (2021). Laporan Tahunan Komnas Perempuan 2021: Kekerasan terhadap Perempuan dalam Angka. Komnas Perempuan, Jakarta.

Republika. (2021). . “Universitas Brawijaya Tangani Kasus Pelecehan Seksual oleh Staf.”

Tempo. (2020). Pelecehan Seksual di ITB, Mahasiswa Desak Tindakan Tegas.

Ward, C. (2020). Understanding the role of media in addressing campus sexual violence. 22(4), (4 ed.). Communication & Society,.