Tindak Tutur Ilokusi dalam Naskah Drama Jam Dinding yang Berdetak Karya Nano Riantiarno sebagai Upaya Memperkaya Bahan Ajar Apresiasi Drama di SMA Kelas XI

Main Article Content

Asri Ayu Lestari
Aceng Hasani
Erwin Salpa Riansi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur ilokusi dalam naskah drama Jam Dinding yang Berdetak karya Nano Riantiarno. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari naskah drama Jam Dinding yang Berdetak karya Nano Riantiarno. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik studi pustaka, teknik baca, dan teknik catat. Data diperiksa keabsahannya dengan menggunakan teknik triangulasi penyidik. Proses analisis dilakukan dengan menggunakan metode padan pragmatis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk dan fungsi tindak tutur ilokusi yang ditemukan dalam naskah drama Jam Dinding yang Berdetak karya Nano Riantiarno meliputi: (1) tindak tutur ilokusi bentuk asertif dengan ragam fungsi menyatakan, memberitahukan, menyarankan, membanggakan, mengeluh, menuntut, dan melaporkan; (2) tindak tutur ilokusi bentuk direktif dengan ragam fungsi memesan, memerintahkan, memohon, meminta, menyarankan, menganjurkan, dan menasihatkan; (3) tindak tutur ilokusi bentuk komisif dengan ragam fungsi menjanjikan, bersumpah, dan menawarkan; (4) tindak tutur ilokusi bentuk ekspresif dengan ragam fungsi mengucapkan terima kasih, mengucapkan selamat, memaafkan, menyalahkan, memuji, menyatakan belasungkawa, dan menuduh; serta (5) tindak tutur ilokusi bentuk deklaratif dengan ragam fungsi menamai dan menentukan. Hasil penelitian dan subjek yang digunakan dapat digunakan sebagai upaya untuk memperkaya bahan ajar apresiasi drama dalam bentuk modul ajar berbasis Kurikulum Merdeka pada materi drama di jenjang SMA kelas XI untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik dalam menulis naskah drama.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lestari, A. A., Hasani, A., & Riansi, E. S. (2024). Tindak Tutur Ilokusi dalam Naskah Drama Jam Dinding yang Berdetak Karya Nano Riantiarno sebagai Upaya Memperkaya Bahan Ajar Apresiasi Drama di SMA Kelas XI. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5), 2450–2460. https://doi.org/10.56799/jceki.v3i5.3908
Section
Articles

References

Anisa, A. R. (2023). Jenis dan Fungsi Tindak Tutur Ilokusi pada Dialog Tokoh Utama dalam Novel Layangan Putus Karya Mommy ASF. Universitas Tidar.

Anwar, F. (2019). Kritik Sosial dalam Naskah Drama Alangkah Lucunya Negeri Ini Karya Deddy Mizwar. Bahasa Dan Sastra, 4(1), 105–121.

Ekawati, M. (2017). Kesantunan Semu pada Tindak Tutur Ekspresif Marah dalam Bahasa Indonesia. Adabiyyāt, 1(1), 1–22.

Herawati, R., Juansah, D. E., & Tisnasari, S. (2019). Analisis Afiksasi dalam Kata-kata Mutiara pada Caption di Media Sosial Instagram dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Membaca, 4(1), 45–50.

Moleong, L. J. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Rosda.

Nuramila. (2020). Kajian Pragmatik: Tindak Tutur dalam Media Sosial. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM) Banten.

Prastowo, A. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Ar-Ruzz Media.

Riantiarno, N. (2016). Potret Riantiarno. Grasindo.

Rosidin, O. (2015). Percikan Linguistik: Pengantar Memahami Ilmu Bahasa. Untirta Press. http://www.up.untirta.ac.id

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Sanata Dharma University Press.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2015). Pengajaran Pragmatik. CV Angkasa.

Tarsinih, E., & Pebriatun, P. (2020). Gaya Bahasa dalam Novel Aroma Karsa Karya Dee Lestari sebagai Bahan Ajar Sastra dan Model Pembelajarannya di SMA. Literasi, 4(2), 100–106.

Yule, G. (2018). Pragmatik. Pustaka Belajar.