Gaya Bahasa Antologi Puisi Pelik Karya Sibro Malisi sebagai Alternatif Modul Ajar Bahasa Indonesia di SMA

Main Article Content

Teni Rustini
Ediwarman Ediwarman
Herwan Herwan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa dalam antologi puisi Pelik karya Sibro Malisi dan mengembangkan modul ajar bahasa Indonesia di SMA pada materi puisi yang disusun dengan memanfaatkan hasil analisis dan temuan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif untuk menyajikan hasil penelitian dalam bentuk kata-kata atau deskripsi. Sumber penelitian ini adalah buku antologi puisi karya Sibro Malisi yang memuat unsur penting dalam puisi yaitu gaya bahasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pencatatan dengan teknik analisis data model Miles dan Humberman, meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi sumber yang dilakukan terhadap tiga orang penyidik ​​atau peneliti sumber. Berdasarkan pemeriksaan keabsahan data, hasil penelitian menunjukkan (28) gaya bahasa, di antaranya: (8) personifikasi, (1) sinekdoke, (9) metafora, (2) anafora, (4) simile, (2) hiperbola. (2) alegori. (2) Hasil penelitian dapat dijadikan alternatif modul pengajaran bahasa Indonesia di SMA yang sesuai dengan kurikulum mandiri yaitu pada kelas X semester genap SMA dengan tema mencipta dan mengungkapkan melalui puisi.


Kata Kunci : : Gaya Bahasa, Puisi, Modul Ajar.       

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rustini, T., Ediwarman, E., & Herwan, H. (2024). Gaya Bahasa Antologi Puisi Pelik Karya Sibro Malisi sebagai Alternatif Modul Ajar Bahasa Indonesia di SMA. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5), 2461–2474. https://doi.org/10.56799/jceki.v3i5.3917
Section
Articles

References

Hujan Karya Tere Liye. Jurnal Konsepsi, 12(4), 1-12.

Auliyani, F. (2022). Analisis Gaya Bahasa pada Buku Puisi “Rencong” Fikar W Eda dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Sastra di Sma Kelas XI (Doctoral dissertation, Universitas Bina Bangsa Getsempena).

Andriyani, M., Harun, M., & Idham, M. (2024). Analisis Gaya Bahasa Perbandingan dalam Novel Bidadari Berbisik Karya Asma Nadia. KANDE Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 177-187.

Azizah, R. N., & Marfina, E. (2023). Analisis Gaya Bahasa Kiasan dalam Kumpulan Puisi Ketika Rakyat Pergi Karya Wiji Thukul. Suara Bahasa: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(02), 103-116.

Burhan Nurgiantoro. (2019). Stilistika. Yogyakarta: Gadjah Mada

Gustina, Maya. (2015). Puisi Pengetahuan dan Apresiasi. Klaten:PT Intan Pariwara.

Keraf Gorys. (2015). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Moleong, J, Lexy. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muri, P., & Ratnaningsih, D. (2022). Analisis Bahasa Kiasan Dalam Kumpulan Puisi Pagi Lalu Cinta Karya Isbedy Stiawan Zs Sebagai Alternatif Bahan Ajar Di Sekolah Menengah Atas. Griya Cendikia, 7(2), 586-596.

Retnowati, A., & Susanto, A. (2023). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa dalam Novel Bedebah di Ujung Tanduk Karya Tere Liye. Suara Bahasa: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(01), 13-24.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Bandung: Alfabeta Bandung.