Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Pada UMKM So Clean Laundry Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK EMKM)

Main Article Content

Anjarul Fauzi
Maria Entina Puspita

Abstract

Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah adalah salah satu standar Akuntansi yang sudah dipakai dan ditetapkan dalam mempermudah UMKM dalam memberikan laporan keuangan yang lebih sederhana dan mudah dipahami untuk para investor dan kreditor dalam penyediaan bantuan dana bagi setiap pelaku UMKM. Perihal kondisi yang sudah sering terjadi pada UMKM So Clean Laundry sebuah usaha jasa laundry. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan penyusunan laporan keuangan pada responden berdasarkan SAK EMKM. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tiga tahapan yaitu pengumpulan data, dokumentasi dan penyajian analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pencatatan keuangan pada UMKM So Clean Laundry dicatat masih secara manual dan masih sangat sederhana. Alasan membuat pencatatan laporan keuangan masih sederhana karena pemilik usaha masih belum memahami cara menyusun laporan keuangan yang sesuai standar dan karena keterbatasan waktu sehingga untuk menyusun laporan keuangan sesuai dengan SAK EMKM masih belum diterapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fauzi, A., & Puspita, M. E. (2024). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Pada UMKM So Clean Laundry Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK EMKM). J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(4), 1842–1856. https://doi.org/10.56799/jceki.v3i4.4017
Section
Articles