Strategi Pemerintah dalam Menanggulangi Pencemaran Sampah di Kecamatan Betoambari Kota Baubau

Main Article Content

Mawar Melati
Aulia Meiliyana Saddiah
La Hardin
L.M. Fakhry Mizan Rabbani
La Ode Zizi Zaidirabba
Junaid Gazalin

Abstract

Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui Strategi Pemerintah Menanggulangi Pencemaran Sampah di kecamatan Betoambari. Jenis penelitian yang digunakan  penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara,dan Studi Kepustakaan. Teknik Analisis data penelitian yaitu reduksi data, penyajian  dan penarikan kesimpulan. Yang diperoleh kajian rencana penanggulangan pencemaran di kawasan Betoambari adalah: 1). Strategi SO adalah mengubah kendaraan dan pengelolaan sampah (TPA) saat ini menjadi sumber energi, Meningkatkan pengelolaan sampah di pabrik dan toko untuk  pendapatan pengguna, Menambah pemasaran dan penjualan pengelolaan sampah misalnya plastik. 2). Proses WO dalam hubungan sosial dan pengelolaan sampah serta manfaat ekonomi, menganalisis  di pasar dan industri untuk meningkatkan pendapatan karyawan, mengajak masyarakat untuk  program 3R sebelum membuang sampah ke rumah. 3) Rencana ST adalah membentuk masyarakat yang mendukung pengelolaan sampah dan mendirikan bank sampah serta mengadakan pelatihan mendaur ulang sampah plastik dan manfaat ekonomi, mengadakan TPS di semua tingkatan dan memberikan komunikasi pembangunan infrastruktur yang baik, memberikan pelayanan sampah . di setiap negara dengan menciptakan mobil yang sudah tidak terpakai. 4) Strategi WT yaitu menambah TPS dan menempatkan TPS di rumah dengan bekerja keras membangunnya bersama TPS, Mendekatkan masyarakat agar tidak rugi,  mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menangani sampah organik dan biologis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Melati, M., Saddiah, A. M., Hardin, L., Rabbani, L. F. M., Zaidirabba, L. O. Z., & Gazalin, J. (2024). Strategi Pemerintah dalam Menanggulangi Pencemaran Sampah di Kecamatan Betoambari Kota Baubau. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5), 4707–4716. https://doi.org/10.56799/jceki.v3i5.4543
Section
Articles

References

Agustina, Enny. n.d. “PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK BERKUALITAS BAGI MASYARAKAT.”

Anon. n.d. “4. BAB I PENDAHULUAN.Pdf.”

Bisri, Mashur Hasan, and Bramantyo Tri Asmoro. 2019. “Etika Pelayanan Publik di Indonesia.” 1(1).

Fatmawati, Andi, Muh Arief Muhsin, and Andi Taufik. 2019. “KINERJA PELAYANAN BANK SAMPAH KOTA MAKASSAR.” 1.

Kahfi, Ashabul. 2017. “TINJAUAN TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH.” Jurisprudentie : Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum 4(1):12. doi: 10.24252/jurisprudentie.v4i1.3661.

IIN SURYA. 2019. “TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PADA KANTOR SAMSAT DI BATOH BANDA ACEH.”

Putra, Wegi Trio. 2020. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah di Bank Sampah.” Jambura Journal of Community Empowerment 1–10. doi: 10.37411/jjce.v1i2.569.

Rumakat, Abdul Asis, Iwan Juwana, and Siti Ainun. 2020. “Penyusunan Indeks Tingkat Pelayanan Sistem Pengelolaan Sampah Kota.” Jurnal Reka Lingkungan 9(1):23–33. doi: 10.26760/rekalingkungan.v9i1.23-33.

Septiani, Berliana Anggun, Dian Mita Arianie, Via Fide Aditya Andi Risman, Widhi Handayani, and Istiarsi Saptuti Sri Kawuryan. 2019. “PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK DI SALATIGA: Praktik, dan tantangan.” Jurnal Ilmu Lingkungan 17(1):90. doi: 10.14710/jil.17.1.90-99.

Subekti, Sri. 2010. “PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA 3R BERBASIS MASYARAKAT.”

Wance, Marno. n.d. “Quality of Community Waste Management Services in Ambon City.”

Most read articles by the same author(s)