Implementasi Kebijakan Barang Dilarang Impor (Studi Kasus Peredaran Pakaian Bekas Impor Di Kota Pekanbaru)

Main Article Content

Gusyandri Gusyandri
Zaili Rusli
Zulkarnaini Zulkarnaini

Abstract

Studi ini berawal dari keprihatinan terhadap kondisi pakaian bekas yang dibawa ke Kota Pekanbaru dan peredarannya yang tidak teratur, Pemerintah Kota Pekanbaru harus memikirkan masalah ini dan bagaimana menyikapinya. Dengan mempergunakan pasar pakaian bekas impor di Kota Pekanbaru sebagai studi kasus, studi ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis penerapan hambatan impor barang haram. Penelitian semacam ini dikenal sebagai penelitian kualitatif deskriptif. Metode untuk menemukan informan penelitian mencakup proses pengambilan sampel yang disengaja. Informasi yang dipakai dapat berupa data primer atau sekunder. Dokumentasi, wawancara, dan observasi langsung adalah tiga alat utama yang dipakai untuk pengumpulan data. Studi ini mempergunakan pendekatan analisis data linier dan hierarkis, yang umum dalam penelitian kualitatif. Penelitian Pendekatan Mentalitas, Sistem, Jaringan (MSN) menemukan bahwa Kebijakan Larangan Impor Barang belum dijalankan dengan baik, khususnya di Kota Pekanbaru. Terkait akuntabilitas, pemerintah dinilai gagal memberikan sosialisasi atau panduan bagi pakaian bekas impor, dan pengawasan masih perlu ditingkatkan. Kendala lain dalam pelaksanaan Kebijakan Larangan Impor, khususnya terkait peredaran pakaian bekas di Kota Pekanbaru adalah minimnya personel, sarana, dan prasarana untuk melakukan pengawasan terhadap pakaian bekas yang masuk baik sebelum maupun setelah melewati batas wilayah Kota Pekanbaru

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Gusyandri, G., Rusli, Z., & Zulkarnaini, Z. (2024). Implementasi Kebijakan Barang Dilarang Impor (Studi Kasus Peredaran Pakaian Bekas Impor Di Kota Pekanbaru) . J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 5571–5582. https://doi.org/10.56799/jceki.v3i6.5322
Section
Articles

References

Abidin, Said Zainal. 2016. Kebijakan Publik. Jakarta: Salemba Humanika.

Agustino, Leo. 2016. Politik & kebijakan Publik. Bandung: Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI).

Asra, Abuzar. 2014. Esensi Statistik Bagi Kebijakan Publik. Jakarta: Penerbit IN MEDIA.

Creswell, J. W. 2016. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indiahono, Dwiyanto (2017). Kebijakan Publik Berbasis Dynamic Policy Analysis. Yogyakarta: Gava Media.

Kadji, Yulianto. 2015. Formulasi dan Implementasi Kebijakan Publik, Kepemimpinan dan Perilaku Birokrasi Dalam Fakta Realitas.Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo Press.

Keban, Yeremias T. 2011. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Kusumanegara, Solahuddin. 2010. Model Dan Aktor Dalam Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Nugroho, Riant. 2017. Public Policy. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Pasolong, Harbani. 2011. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Purwanto, Irwan Agus dan Dyah Ratih Sulistyastuti. 2012. Implementasi Kebijakan Publik: Konsep dan Apikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.

Sujianto, 2011. Implementasi Kebijakan Publik Konsep, Teori, dan Praktik. Pekanbaru: Alaf Riau.

Suharno. 2013. Dasar-Dasar Kebijakan Publik: Kajian Proses Dan Analisis Kebijakan Publik. Pekanaru: Alaf Riau.

Tahir, Arifin. 2015. Kebijakan Publik & Transparansi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Bandung: Alfabeta.

Winarno, Budi. 2016. Kebijakan Publik Era Globalisasi (Teori, Proses dan Studi Kasus Kompratif), Yogyakarta : CAPC(Center Of Academic Publishing Service).

Wahab, Solichin Abdul. 2012. Analisis Kebijakan: Dari Formulasi ke Model-Model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Aditya, Robi. 2017. Implementasi Peraturan Kementerian Perdagangan tentang Larangan Impor Pakaian Bekas (Studi Kasus di Tembilahan), JOM FISIP Vol. 4 No. 2.

Anthony, Ulfrida Veronika, Shirley Y.V.I. Goni, dan Antonius Purwanto. 2023. Dampak Penjualan Pakaian Bekas Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Sosial Ekonomi Pedagang Di Pasar Pinasungkulan Bitung. Jurnal Ilmiah Society Vol. 3 No. 1

Chairy, Raudhea Vara Yulfa, dan Elfrida Ratnawati Gultom. 2023. Larangan Jual Beli Pakaian Bekas Impor (Thrift) oleh Pemerintah Ditinjau dari Perspektif Negara Kesejahteraan, Jurnal Indonesia Berdaya Vol. 4 No. 3.

Firdaus, Rahmat. 2019. Penindakan Dan Penyelidikan Oleh Kantor Bea Dan Cukai Terhadap Penyelundupan Pakaian Bekas Impor Di Kabupaten Indragiri Hilir Tahun 2014-2015, JOM FISIP, Vol. 6 No. 1

Firdausy, Kharisma Aulia. 2022. Implementasi Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 51/M-Dag/Per/7/2015 Tentang Larangan Impor Pakaian Bekas Di Kota Surakarta. Jurnal Seminar Nasional UNIBA Surakarta 2022 141–147.

Syafira, Nabila. 2022. Upaya Indonesia Dalam Mencegah Impor Pakaian Bekas Tahun 2015-2020. Digital Repository UNILA.

Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 40 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 18 Tahun 2021 tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor.

Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 18 Tahun 2021 tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor.