Analisis Lq, Shift Share Serta Tipologi Klassen Pada Pegeseran Pertumbuhan Ekonomi Daerah Dan Potensi Sektor Di Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur

Main Article Content

Yulianto Pamungkas
Ririt Iriani

Abstract

Tujuan penelitian ini guna untuk mengidentifikasi dan juga untuk mengklasifikasikan potensi sumber daya yang ada diKabupaten Magetan sehingga dapat dimaksimalkan secara optimal. Menerapkan penelitian kuantitatif deskriptif, didasarkan pada data Produk Domestik Regional Bruto Atas dasar Harga Konstan Kabupaten Magetan maupun Provinsi Jawa Timur periode 2016-2020. Model Analisis yang digunakan yakni Location Quetient, Shift Share, Tipologi Klassen. Dihasilkan bahwa 2016 terdapat 3 sektor yang menompang kegiatan ekonomi rakyat Kabupaten Magetan. Selanjutnya didapati periode 2020 dihasilkan 2 sektor yang unggul sehingga kedepannya perlu pemerataan sektor agar tidak tergantung pada sektor sektor yang sudah unggul. Penelitian ini guna sebagai acuan dalam pengambilan kebijakan terkait dengan kemajuan ekonomi di Kabupaten Magetan, yang berdampak pada kenaikan lapangan kerja dan pendapatan perkapita.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yulianto Pamungkas, & Ririt Iriani. (2022). Analisis Lq, Shift Share Serta Tipologi Klassen Pada Pegeseran Pertumbuhan Ekonomi Daerah Dan Potensi Sektor Di Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(5), 486–493. https://doi.org/10.56799/jceki.v1i5.730
Section
Articles

References

Adisasmita, R. (2013) Teori-Teori Pembangunan Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi dan Pertumbuhan Wilayah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Andayani, K.D., Muljaningsih, S. and Asmara, K. (2021) ‘Analisis Struktur Ekonomi dan Identifikasi Sektor Unggulan Kabupaten Tuban’, Al-Buhuth, 17(1), pp. 52–64.

Arifin, Z. (2010) ‘Analisis perbandingan perekonomian pada empat koridor di propinsi jawa timur’.

Arsyad, L. (2015) Ekonomi Pembangunan Edisi Kelima. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

BPS Provinsi Jawa Timur. (2021). Produk Domestik Regional Bruto Provinsi Jawa Timur 2021. Badan Pusat Statistik.

BPS Kabupaten Magetan. (2021). Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Magetan 2021. Badan Pusat Statistik.

Irmansyah, Maulana. (2019). Analisis Sektor Unggulan Yang Ada Di Kabupaten Mojokerto Jawa Timur.

Jhingan, M.L. (2016) Ekonomi Pembangunan dan Perenanaan. Depok: Penerbit PT Rajagrafindo Persada.

Jumiyanti, K.R. (2018) ‘Analisis Location Quotient dalam Penentuan Sektor Basisi dan Non Basis di Kabupaten Gorontalo.’

Sjafrizal (2014) Perencanaan pembangunan daerah dalam era otonomi. . Rajawali Pers.

Sukirno, S. (2010) Makro Ekonomi: Teori Penganta. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Subandi. (2014). Ekonomi Pembangunan. Bandung: Alfabeta.

Syarifuddin, T., & T. Zulham. (2018). Analisis Sektor Unggulan Dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh.

Tarigan, R. (2014) Ekonomi Regional Teori dan Aplikasi (Edisi Revisi). Bumi Jakarta, Aksara.

Tristanto, A. H. (2013). Analisis Sektor Ekonomi Unggulan Dalam Pengembangan Potensi Perekonomian Di Kota Blitar.

Tumangkeng, S. (2018). Analisis Potensi Ekonomi Di Sektor Dan Sub Sektor Pertanian, Kehutanan Dan Perikanan Kota Tomohon.

Wicaksono, A. E. (2019). Analisis Sektor Basis Dan Non Basis Pada Pertumbuhan Ekonomi Di Kabupaten Madiun Tahun 2013-3017.

Yudha, E. P., & Dina, R. A. (2020). Pengembangan Potensi Wilayah Kawasan Perbatasan Negara Indonesia (Studi Kasus: RanaiNatuna).