Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT. Intiwarna Prima

Authors

  • Rinova Vega Yulanda Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Kustini Kustini Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v1i12.1088

Keywords:

Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja Karyawan

Abstract

Setiap perusahaan dalam lingkungan yang kompetitif harus senantiasa mendedikasikan sumber daya perusahaan agar dapat bertahan dan berkembang. Sumber daya seperti sumber daya manusia juga dikenal sebagai karyawan diperlukan. Sangat penting bagi perusahaan mana pun untuk fokus pada peningkatan lingkungan kerja dan motivasi bagi karyawan ini. “Hal ini dikarenakan kepuasan kerja karyawan dapat berpengaruh signifikan terhadap produktivitas, efisiensi dan kepuasan kerja secara keseluruhan. Untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja karyawan, penelitian dilakukan pada PT. Intiwarna Prima. Metode Total Sampling digunakan untuk mengidentifikasi 37 pekerja; metode ini juga dikenal sebagai Sampling Jenuh. Dengan metode ini, seluruh populasi pekerja di Intiwarna Prima dijadikan sampel untuk dijadikan sampel yang mencerminkan seluruh pekerja di perusahaan tersebut. Akibatnya, karyawan yang dipilih melalui metode ini identik dengan semua pekerja lain di Intiwarna Prima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis SEM-PLS. Salah satu teknik tersebut adalah Structural Equation Model-Partial Least Square atau biasa disebut SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi kerja dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan di Intiwarna Prima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aoliso, Adveni, and Hans Lao. 2018. “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. TASPEN (Persero) Kantor Cabang Kupang.” BISMAN - Jurnal Bisnis & Manajemen 3(1):9–16.

Hasibuan, Malayu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kristinae, Vivy. 2018. “Analisis Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Kasus Pada Karyawan Di Pujasera Palangka Raya).” Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis 2(2):78–93.

Parimita, Widya, Siti Khoiriyah, and Wahyu Agung Handaru. 2018. “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Pada Karyawan PT. Tridaya Eramina Bahari.” JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia 9(1):125–44.

Putrianti, Flora Grace. 2013. “Kepuasan Kerja DItinjau Dari Komunikasi Interpersonal Dan Budaya Organisasi.” Jurnal SPIRITS 4(1):33–42.

Wibowo, Mukti, Moch. al Musadieq, and Gunawan Eko Nurtjajono. 2014. “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Kandatel Malang).” JAB - Jurnal Administrasi Bisnis 16(1):1–9.

Downloads

Published

2022-11-27

How to Cite

Rinova Vega Yulanda, & Kustini, K. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT. Intiwarna Prima. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12), 4319–4324. https://doi.org/10.56799/jim.v1i12.1088

Issue

Section

Articles