Kemampuan Merawat Diri dan Mencuci Tangan bagi Anak Hambatan Intelektual

Authors

  • Rizka Nurrahmawati SLB Taruna Al-Qur’an Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v2i1.1139

Keywords:

Anak Hambatan Intelektual, Tuna Grahita, Merawat Diri, Mencuci Tangan

Abstract

Anak Hambatan Intelektual atau anak tuna grahita merupakan anak yang mengalami gangguan pada tingkat kecerdasannya yang berada dibawah rata-rata anak normal. Penelitian didalam jurnal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan anak dengan hambatan intelektual dalam merawat diri terutama mencuci tangan, kemudian penelitian juga bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kemampuan anak dengan hambatan intelektual dalam merawat diri terutama mencuci tangan. Metode penelitian yang digunakan didalam adalah Literatur Review dengan menggunakan beberapa jurnal yang akan dianalisis. Hasil penelitian di dalam jurnal ini menunjukkan bahwa kemampuan anak dengan hambatan intelektual dalam merawat diri dan mencuci tangan adalah rendah. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, terutama keluarga. Penelitian ini menemukan bahwa orang terdekat dan teknik pengajaran yang dilakukan orang tua ataupun guru terhadap anak dengan hambatan intelektual berpengaruh dalam mengembangkan kemampuan diri anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani D.N, & Setiawati E. 2019. Teknik penguatan positif untuk anak dengan keterbatasan intelektual. Jurnal Procedia. Vol. 7, No. 1.

Ashari, A. E., Ganing, A. dan Mappau Z. 2020. Peningkatan Pengetahuan, Sikap Dan Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Kelas V Sekolah Dasarmelalui Senam Cuci Tangan Pakai Sabun. Jurnal Ilmiah Permas : Jurnal Ilmiah STIKES Kendal. Vol. 10, No. 1.

Atmaja, J.R. 2018. Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Fitrayandi R, & Murni S. 2022. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Masyarakat Lam Lagang Banda Aceh di Era New Normal. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat. Vol. 2, No. 1.

Kementerian Kesehatan RI. 2011. Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kementerian Kesehatan RI. Jakarta.

Kristia. 2014. Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas VII Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun di SMP Negeri 3 GondangrejoKaranganyar. Jurnal Kebidanan Stikes Kusumas Husada.

Marliyana. 2017. Pengalaman Ibu Merawat Anak dengan Tunagrahita di Bandar Lampung. Jurnal Kesehatan. Vol. 8, No. 1.

Nugroho, T. (2011). Buku ajar obstetric untuk mahasiswa kebidanan.Yogjakarta : Nuha Medika.

Prasetya E. 2022. Health Education Tentang Pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun (Ctps) Di Sdn 10 Dungaliyo. JPKM: Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat. Vol. 3, No. 1.

Putra M, & Kasiyati. 2019. Meningkatkan Kemampuan Merawat Diri Dalam Keterampilan Menggosok Gigi Dengan Menggunakan Model Direct Instruction Pada Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Penelitian Pendidikan Anak Kebutuhan Khusus. Vol. 7, No. 1

Downloads

Published

2022-12-10

How to Cite

Rizka Nurrahmawati. (2022). Kemampuan Merawat Diri dan Mencuci Tangan bagi Anak Hambatan Intelektual. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 54–60. https://doi.org/10.56799/jim.v2i1.1139

Issue

Section

Articles