Bentuk Adaptasi Etnis Bugis terhadap Lingkungan Sosial-Budaya di Kelurahan Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan

Authors

  • Cinderela Dwi Prameswari Universitas Udayana
  • I Gusti Putu Sudiarna Universitas Udayana
  • I Nyoman Suarsana Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v2i3.1236

Keywords:

Adaptasi, Serangan, Etnis Bugis

Abstract

Kelurahan Serangan adalah salah satu kelurahan yang ada di Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Provinsi Bali. Kelurahan Serangan identik dengan etnis Bugis yang sejak lama mendiami daerah Serangan dari 17 M hingga saat ini. Etnis Bugis yang di Serangan mampu beradaptasi dengan lingkungan etnis Hindu Bali yang dapat dikatakan kedua etnis tersebut berbeda dari segi lingkungan dan kebudayaannya. Oleh karena itu dirumuskanlah masalah penelitian untuk mengetahui (a) bagaimana strategi adaptasi etnis Bugis dalam kaitannya dengan dinamika sosial budaya di Kelurahan Serangan dan (b) bagaimana perilaku adaptif etnis Bugis di Kelurahan Serangan dalam kaitannya dengan multikulturalisme. Dalam menganalisis permasalahan penelitian, peneliti menggunakan teori adaptasi dari Bennett. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi pustaka.  Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa etnis Bugis di Serangan menunjukkan sikap kerukunan antarsesama etnis tanpa memandang suku, ras dan agama. Strategi yang dilakukan etnis Bugis dalam menghadapi dinamika perubahan sosial budaya yakni Etnis Bugis di Kelurahan Serangan selalu ikut ke dalam kegiatan-kegiatan adat serta keagamaan etnis Hindu Bali. Hal tersebut yang mendasari bentuk kerukunan masyarakat di Kelurahan Serangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.B. Takko Bandung 2020. Budaya bugis dan persebarannya dalam perspektif antropologi budaya makassar. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Budaya. 15 (1):27-36.

Agus Santoso. 2012. Hukum, Moral dan Keadilan Sebuah Kajian Filsafat Hukum.

Bennett, J. W. 1976 The Ecological Transition Cultural Anthropology and Human Adaptation. New York: Perganon Press Inc. (257)

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Geertz, Clifford. 1973. The Interpretation of Cultures. New York: Basic Books Inc.

Gudykunst, William B. 2002. Intercultural Communication Theories. Ed. Sage Publications California.

Sapma, P. N. H. dkk. 2020. Tradisi ngejot: positive relationship antar umat beragama. Jurnal IAIN Manado. 24(2): 76

Soekanto, Soerjono. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Vina Azura dkk. 2019. Studi kebertahanan identitas etnik bugis dalam masyarakat multikultural dan potensinya sebagai sumber belajar sosiologi di SMA. 1 (2) 2019.

Downloads

Published

2023-02-02

How to Cite

Cinderela Dwi Prameswari, I Gusti Putu Sudiarna, & I Nyoman Suarsana. (2023). Bentuk Adaptasi Etnis Bugis terhadap Lingkungan Sosial-Budaya di Kelurahan Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 940–947. https://doi.org/10.56799/jim.v2i3.1236

Issue

Section

Articles