Penggunaan Media Sanpaper Latter terhadap Keaksaraan Awal Anak Kelompok B di PAUD Jaya Henida Palembang

Authors

  • Wasi’ul Laila Yasinaini Universitas PGRI Palembang
  • Evia Darmawani Universitas PGRI Palembang
  • Rahmah Novianti Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v2i4.1301

Keywords:

Media Sanpaper Latters, Keaksaraan Awal, Anak usia Dini

Abstract

Masalah dalam Penelitian ini Adakah pengaruh penggunaan media sandpaper letters terhadap pengenalan huruf  pada anak  kelompok B di PAUD Jaya Henida Palembang?. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sandpaper letters terhadap pengenalan huruf anak  kelompok B di PAUD Jaya Henida Palembang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di PAUD Jaya Henida Palembang, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut : 1) Kemampuan keaksaraan anak PAUD pada umumnya telah mencapai perkembangan normal dalam tahap kemunculan literasi, meliputi kemampuan dengar – bicara dan baca – tulis; 2) Kendala dan kebutuhan guru dalam pengembangan keaksaraan, diantaranya kurangnya peralatan dan materi, buku sumber, sarana dan fasilitas yang memadai; 3) Desain pengembangan keaksaraan di fokuskan pada kegiatan menstimulus kemunculan kemampuan dengar – bicara baca – tulis sesuai dengan tahap perkembangan anak PAUD; 4) Cara mengembangkan alat peraga sandpaper letter berbasis metode Montessori yaittu sebagai berikut : pertama, alat peraga menarik. Kedua, alat peraga memiliki gradasi. Ketiga, alat peraga digunakan untuk dapat melatih anak belajar secara mandiri. Keempat, alat peraga digunakan untuk mengetahui kesalahan yang terjadi dengan adanya alat peraga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah. (2021), Meningkatkan Kemampuan Membedakan Huruf b, d, dan p melalui Media Sandpaper Letter’s di Masa Pandemi. Surabaya: Pendidikan Guru PAUD, STKIP Kusuma Negara Jawa Timur.

Ayu. (2019). Konsep Pendidikan Keluarga Pada Anak Usia Dini Perspektif Pendidikan Islam. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Bowles, dkk (2014). Analisis dan Desain Pondasi. Jakarta: Erlangga.

Djamarah (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dwi. (2020). Pengembangan Akhlak Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Kontekstual. Pekan Baru: Universitas Islam Negeri Sultan Arif Kasim Riau.

Fikasari. (2012). Penggunaan Media Pembelajaran Sandpaper Latters Terhadap Kemampuan Meniru Huruf Anak. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.

Halimah (2021). Efektivitas Penggunaan Media Sandpaper Letter Berbasis Montessori Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun Di Mojopurno Wungu Madiun. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kunto.(2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Luthfi.( 2021). Analisis Keterampilan Menulis Teks Drama. Jurnal Indonesian Journal Of Education And Humanity. 1 (3). (hlm.146-155)

Pastowo. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Arr-Ruzz Media.

Rahmadani .(2019). Pengaruh Penggunaan Media Sandpaper Letter Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Islam Budi Mulia.Padang: Universitas Negeri Padang.

Sugiyono (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto.(2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Widuyorekti, B. (2016). Kegiatan Pengembangan Keaksaraan Berbasis Pendidikan Karakter di Taman Kanak-Kanak. Surabaya: Universitas Terbuka.

Widyastuti. (2017). Anak Gemar Baca Tulis. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2023-03-17

How to Cite

Yasinaini, W. L. ., Darmawani, E., & Novianti, R. (2023). Penggunaan Media Sanpaper Latter terhadap Keaksaraan Awal Anak Kelompok B di PAUD Jaya Henida Palembang . ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(4), 1558–1564. https://doi.org/10.56799/jim.v2i4.1301

Issue

Section

Articles