Efektivitas Penerapan Buku Sekolah Elektronik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI SD Inpres Belaka Kabupaten Gowa

Main Article Content

Andi Malombasi
Ferdinan Ferdinan
St. Muthahharah

Abstract

Buku sekolah elektronik adalah buku digital/elektronik. Buku sekolah elektronik memiliki keunggulan karena berbentuk file yang tidak membutuhkan fasilitas penyimpanan yang besar dan mendukung pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan buku pelajaran elektronik (BSE) pada pokok bahasan Aku cinta Nabi dan Rasul (contoh kisah Nabi Ayyub as) dan (contoh kisah Nabi Musa as). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa IVA SD Inpres Belaka yang metode pengumpulan datanya menggunakan formulir observasi dan tes prestasi belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Teknik Analisis Hasil Observasi Kegiatan Guru, Teknik Analisis hasil Observasi Kegiatan Siswa, dan Hasil Tes Akhir untuk mengukur keefektivan belajar dan prestasi belajar. Berdasarkan hasil pra tindakan, 18 siswa atau 69,23 % siswa belum tuntas dan 8 siswa atau 30,56 % siswa yang tuntas. Sedangkan peningkatan terhadap hasil belajar siswa disiklus I dapat dilihat dengan nilai tertinggi 90, dengan nilai rata-rata 62,1 dengan nilai persentase ketuntasan 65,51%. Pada tahap siklus II ini, terdapat 81,48% siswa yang mendapat nilai minimal 65 sesuai dengan KKM (kriteria ketuntasan minimal) yang digunakan oleh SD Inpres Belaka Desa Taeng Kabupaten Gowa, maka kelas dianggap tuntas secara umum.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Malombasi, A. ., Ferdinan, F., & Muthahharah, S. . (2022). Efektivitas Penerapan Buku Sekolah Elektronik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI SD Inpres Belaka Kabupaten Gowa. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(4), 1495–1501. https://doi.org/10.56799/jim.v2i4.1457
Section
Articles

References

Arianto, ‘Peningkatan Prestasi Belajar Siswa MTs Al Mubarok Bandar Mataram Lampung Tengah Arianto STIT Al Mubarok’, Journal RI’AYAH, 4.1 (2019), 90–97 <http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/riayah/article/view/1508>.

Barlow dalam Education pshcology The Teaching-learning process.

Basri Hasan, 2015, Pradikma Baru system pembelajaran, Bandung:cv pustaka setia.

Https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/buku-bse/, Senin, 19 September, 2022

Muhammad Ilham; “Peranan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Study Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SDN Jetak Probolinggo”, Skripsi, 2009.

Saputra Wandira, „ Penggunaan Buku Sekolah Elektronik (BSE) dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI Kelas X di SMAS Tamansiswa Teluk Betung ‟, Skripsi, 2020.

Wijayanto, Dkk, ‘Pengembangan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Dilengkapi Media Evaluasi Mandiri Siswa Berbasis Protable Document Format’, Jurnal Informatika Upgris, 2.2 (2017), 83–89 <https://doi.org/10.26877/jiu.v2i2.1110>.

Ngalim, M. Purwanto, (Jakarta: PT. Remaja Rosda Karya, Cet.23, 2007)

Skinner dalam dimyati dan mudjiono (2015)