Penerapan Activity Based Costing untuk Penentuan Harga Pokok Produksi pada Sweet Sundae Ice Cream

Authors

  • Yulia Nita Ningsih Universitas Aisyiyah Yogyakarta
  • Diska Arliena Hafni Universitas Aisyiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v2i5.1520

Keywords:

Harga Pokok Produksi, Activity Based Costing, UMKM

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam peningkatan perekonomian Indonesia. Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh UMKM yaitu mengenai penentuan harga pokok produksi. UMKM masih menganggap bahwa pencatatan biaya tidak begitu penting maka tidak dilakukan pencatatan secara rinci sehingga harga pokok produksi yang ditentukan tidak akurat. Salah satu sistem penentuan harga pokok produksi adalah sistem Activity Based Costing (ABC). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi yang akurat atas penerapan sistem ABC dalam perhitungan harga pokok produksi, sehingga dapat diketahui dengan jelas unsur biaya yang terlibat dalam perhitungan harga pokok produksi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Objek penelitian ini adalah Sweet Sundae Ice Cream. Hasil perhitungan harga pokok produksi dengan sistem ABC menunjukan kondisi bahwa ketiga varian es krim yaitu strawberry, green tea, dan coklat mengalami undercost. Harga pokok produksi dengan sistem ABC memberikan hasil yang lebih tinggi daripada harga pokok produksi perusahaan. Hasil perhitungan dengan sistem ABC ini relatif lebih akurat, karena sistem ABC lebih mencerminkan biaya sesungguhnya yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Indonesia, B. P. S. (2020). Ekonomi Indonesia 2019 Tumbuh 5,02 Persen. https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/02/05/1755/ekonomi-indonesia-2019-tumbuh-5-02-persen.html

Meninda, I. N. (2018). Perhitungan Harga Pokok Produksi Produk Minuman Kopi Pada Kedai Kopi Marapalam Yogyakarta. Skripsi. Universitas Gadjah Mada.

Mulyadi. (2012). Akuntansi Biaya Edisi 5. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mulyadi. (2015). Akuntansi Biaya Edisi 5. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Muzakki, Agus Anta. (2017). Analisis Penghitungan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Activity Based Costing Sebagai Dasar Penentuan Harga Jual (Studi Kasus UKM Rak Soe Ha di Malang). Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Nanda, V. A. P., Kristanto, D., & Harimurti, F. (2018). Analisis Penerapan Activity Based Costing System Dalam Penentuan Harga Pokok Produksi Pada PT Bengawan Tex. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, Vol. 14 No.

Rini, A. S. (2019). Pasar Indonesia Menjanjikan, Produsen Es Krim Bermunculan. https://ekonomi.bisnis.com/read/20190411/9/910680/pasar-indonesia-menjanjikan-produsen-es-krim-bermunculan

Sanusi, Anwar. (2013). Metodelogi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

UMKM, K. 2020. Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besa (UB) Tahun 2017-2018. http://www.depkop.go.id/data-umkm

Vitalogi, V. (2017) Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Menerapkan Activity Based Costing Pada PT. I-Won Apparel Indonesia. Universitas Pakuan.

Yuniawati, R. A. (2018). Analisis Penerapan Activity Based Costing (ABC) System Dalam Menentukan Harga Pokok Produksi Cokelat (Studi Pada Pusat penelitian Kopi dan Kakao Indonesia). Skripsi. Universitas Gadjah Mada.

Downloads

Published

2023-04-10

How to Cite

Yulia Nita Ningsih, & Diska Arliena Hafni. (2023). Penerapan Activity Based Costing untuk Penentuan Harga Pokok Produksi pada Sweet Sundae Ice Cream. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(5), 1923–1932. https://doi.org/10.56799/jim.v2i5.1520

Issue

Section

Articles