Pengaruh Kecerdasan Spiritual terhadap Motivasi Kerja Pegawai di Pondok Pesantren Nurul Qomar Kota Palembang

Authors

  • Sara Yulita Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Kusnadi Kusnadi Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Emi Puspita Dewi Universitas Islam Negeri Raden Fatah

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v2i5.1528

Keywords:

Kecedasan Spiritual, Motivasi Kerja

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, yang mana dalam pengolahan datanya berupa angka-angka. Dalam penelitian ini akan meregresi variabel (X) kecerdasan spiritual dan variabel (Y) motivasi kerja yang bertujuan untuk mengetahui, apakah kecerdasan spiritual berpengaruh terhadap motivasi kerja pegawai di pondok pesantren Nurul Qomar Kota Palembang. Kecerdasan spiritual dapat memberikan dampak pada motivasi kerja pegawai yang dilakukan, kecerdasan spiritual dapat mempengaruhi perilaku setiap individu dalam bekerja untuk mendapatkan hasil kerja yang maksimal. Pada penelitian ini mengelola data melalui angket dengan banyaknya responden yang berjumlah 70 orang yaitu pegawai di pondok pesantren Nurul Qomar Kota Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan pertanyaan sebanyak 28 butir soal, variabel dalam penelitian ini adalah kecerdasan spiritual sebagai variabel bebas (X) dan motivasi kerja sebagai varaibel terikat (Y). Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dengan pengujian hipotesis uji (T) dan koefisien determinasi (R2). Untuk pembuktian dalam pengambilan keputusan menggunakan aplikasi SPSS For Windows versi 25. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa kecerdasan spiritual berpengaruh terhadap motivasi kerja pegawai di pondok pesantren Nurul Qomar Kota Palembang dilihat dari t-hitung (3.993) lebih besar dari t-tabel (1.66757) dengan taraf signifikan 5% hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sementara untuk persentasi pengaruhnya sebesar 19% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Nggermanto, Quantum Quotient (kecerdasan Quantum): cara cepat melejitkan IQ, EQ dan SQ secara harmonis, (Bandung :Nuansa, 2001), h. 143.

Akbar, pengaruh kecerdasan spiritual terhadap motivasi kerja karyawan pada pt advantage scm cabang makassar, (Unibos: Makassar, 2017), Vol 3, No. 004.

Ary Ginanjar Agustian, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi & Spiritual ESQ, (Jakarta : Agra, cet. Ke-1 2001), h. 57.

Danah Zohar dan Ian Marshal, Kecerdasan Spiritual , (Bandung: Mizan Pustaka 2001), h.4.

Dapartemen Pendidikan & Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, cet. Ket-2, 1930), h. 186.

M. Burhan Bungin, Metodelogi Penelitian Kuantitatif (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2019), Cet-4, h.97.

Masngudidan M.Nor Salim, Metodologi Penelitian untuk Ekonomi dan Bsinis,(Jakarta:Triananda Universitas Press,2012), h..134.

Melayu SP, Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), h.95

Priyatno, Duwi, 2016, Belajar Analisis Data dan Cara Pengolahanannya dengan SPSS, Yogyakarta: Gava Media.

Rivai, Veithzal, Manajemen Sumber Daya Perusahaan, (Jakarta : Grafindo, 2001), h.15

Rosiah, Dalinur M. Nur, MM dan Emi Puspita Dewi, Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Dan Tenaga Kependidikan Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Palembang, (Vol.1 No.1, Tahun 2021)

Siagian, Sondang P. Motivasi Kerja, ( Jakarta:Rineka Cipta, 2009), h. 102

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, (Bandung: Alfabeta, 2018), h.300.

Syofian Siregar, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS, Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2023-04-08

How to Cite

Yulita, S., Kusnadi, K., & Puspita Dewi, E. (2023). Pengaruh Kecerdasan Spiritual terhadap Motivasi Kerja Pegawai di Pondok Pesantren Nurul Qomar Kota Palembang. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(5), 1884–1895. https://doi.org/10.56799/jim.v2i5.1528

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)