Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Perwanida 1 Palembang

Authors

  • Arny Veronica UIN Raden Fatah Palembang
  • Helen Sabera Adib UIN Raden Fatah Palembang
  • Muhtarom UIN Raden Fatah Palembang

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pola asuh orangtua di RA Perwanida 1 Palembang, Keterampilan berbicara dan Hubungan Pola Asuh Orangtua di RA Perwanida 1 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang mengarah kepada studi korelasional. Hasil hipotesis dalam penelitian ini diperoleh bahwa masing-masing pola asuh  dianalisis dengan persentase dengan hasil yang tertinggi yaitu pola asuh demokratis sebesar 37% . Adapun hubungan pola asuh dengan keterampilan berbicara, dengan hasil keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun menempati berkembang sesuai harapan (BSH) 36 %, mulai berkembang (MB) 36% dan Berkembang sangat baik (BSB) 28%, ini menunjukkan bahwa anak yang  memiliki pola asuh demokratis keterampilan berbicaranya sudah baik. Adapun hubungan pola asuh orangtua dengan keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun di RA Perwanida 1 Palembang Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti, Nilai Sig < 0,05 maka Ho di tolak dan Ha di terima, jadi dapat di artikan terdapat hubungan yang signifikan antara variabel x dan y. Nilai Pearson Correlation 0,749 yang berarti memiliki hubungan yang sangat kuat diperoleh nilai Pearson correlation sebesar 0,749 yang berarti memiliki hubungan yang kuat dan nilai taraf signifikan 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan Ho ditolak, artinya dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, terdapat hubungan antara pola asuh orangtua dengan keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun di RA Perwanida 1 Palembang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Tafsir. (2000). Akal dan Hati Sejak Thales Hingga Capra. Bandung :Remaja Rosdakarya.

Astikasari, N. D., & Weto, I. (2018). Analisis Pola Asuh Orang Tua Dengan Keterlambatan Bicara Pada Anak Usia 3-5 Tahun. Oksitosin: Jurnal Ilmiah Kebidanan, 5(1), 32-42.

Helmawati. (2016). Pendidikan Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya

Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak Usia Dini. Jurnnal golden Age Hamzanwadi University, 3 (1), 1-12.

Shocib. (2013). Pola Asuh Orang Tua. Jakarta : Rineke Cipta.

Downloads

Published

2022-03-01

How to Cite

Arny Veronica, Helen Sabera Adib, & Muhtarom. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Perwanida 1 Palembang. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 568–578. Retrieved from https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/160

Issue

Section

Articles