Pengaruh Kegiatan Usap Abur Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudathul Athfal Fatahul Wardah Palembang

Authors

  • Dini Josi Septasari UIN Raden Fatah Palembang
  • Febriyanti UIN Raden Fatah Palembang
  • Yecha Febrieanitha Putri UIN Raden Fatah Palembang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kegiatan Usap Abur terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Atfhal Fatahul Wardah. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design  One Group Pre Test-Posst Test (satu kelompok). Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok B2 yang ada di RA Plus Fatahul Wardah Palembang  yang berjumlah 15 anak yaitu 9 laki-laki dan 6 perempuan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan total sampling. Adapun cara pengumpulan data menggunakan tes dan observasi dengan analisis data uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian dan pembahasan diperoleh nilai rata-rata post-test anak sebesar 83 sedangkan nilai rata-rata pre-test anak diperoleh sebesar 56. Perolehan tersebut di perkuat berdasarkan hasil uji Hipotesis menggunakan uji-T yang diperoleh thitung=29,898 sedangkan dk= 15+15-2=28 dengan taraf nyata 5% sehingga di dapat ttabel=1.7011 karena thitung=29,898>ttabel1.7011 maka kesimpulan nya (Ho) ditolak dan (Ha) diterima artinya adalah ada Pengaruh Kegiatan Usap Abur terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun pada kelas B2 di RA Plus Fatahul Wardah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E Susrianti. (2012). Jurnal Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Usap Abur di Tama Kanak-kanak Pertiwi III Muara Kalaban. UNP. Padang.

Hamilton Michelle. dkk. Ting Liu. (2015). Jurnal Motor Proficiency of the head start and typically developing children.Volume 3 Issue 2 1000198.

Hasnida. (2014). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. PT Luxima Metro Media. Jakarta.

Kartamiharja Ahdian. (2013). Jurnal Devinisi Seni. Jakarta. Diakses sabtu 22 januari pkl 11.00.

Martin. Handoko. Theo Rianto. (2004). Pendidikan Pada Usia Dini: Tuntunan psikologi dan pedagogis bagi pendidikan dan orang tua. Jakarta. Gramedia Widiasarna Indonesia.

Martinasari. (2016). Jurnal Penerapan Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan Usap Abur Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak. Singaraja Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Volume 4 Nomor 2. Denpasar.

Pamadhi Hajar. (2008). Ruang Lingkup Seni Rupa Anak. FKIP. Universitas Terbuka. Jakarta.

Racmawati Yeni. (2005). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Depdiknas. Jakarta.

Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak Usia TK. Depdiknas. Jakarta.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Paud. Pedagogis. Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-03-01

How to Cite

Dini Josi Septasari, Febriyanti, & Yecha Febrieanitha Putri. (2022). Pengaruh Kegiatan Usap Abur Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudathul Athfal Fatahul Wardah Palembang. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 579–589. Retrieved from https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/163

Issue

Section

Articles