Penerapan Konseling Individu dengan Teknik Bombardment dalam Meningkatkan Motivasi Hidup Klien “A” Korban KDRT

Authors

  • Yuspita Yuspita Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Amin Sihabudin Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Hartika Utami Fitri Universitas Islam Negeri Raden Fatah

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v2i6.1672

Keywords:

Konseling Individu, Teknik Bombardment, Motivasi Hidup

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang penerapan konseling individu teknik Bombardment dalam meningkatkan motivasi hidup klien “A” korban KDRT. Tujuan penelitian untuk mengetahui pertama, motivasi hidup klien “A” korban KDRT, serta kedua, untuk mengetahui mengetahui Penerapan Konseling individu teknik Bombardment dalam meningkatkan motivasi hidup klien “A” korban KDRT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pola perjodohan data, eksplanasi dan deret waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, tindakan KDRT yang dilakukan secara psikis terjadi membuat klien “A” merasa tidak bersemangat hidup dalam menjalani rumah tangga dan menganggap ini adalah nasib buruk menimpahnya, klien berpikir untuk meninggalkan suami namun demi anak. Kedua, tahap awal : proses konseling individu dilakukan secara khusus dengan membangun mood (perasaan) klien “A” dan  memberikan kenyamanan, keselarasan pada klien “A” agar merasa lebih tenang. Tahap pelayanan psikologis dan trauma healing: tahap ini konselor bekerja sama dengan klien untuk berpartisipasi dan bersedia melakukan kegiatan trauma healing yaitu sebagai tindakan yang dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan trauma yang masih tersimpan dalam diri klien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Chalifar Hikmawan, dkk. Konseling Eksistensial Dengan Teknik Strenght Bombardment Untuk Menumbuhkan Kebermaknaan Pada Pasien Skizofrenia Paranoid, Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi. http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/CONS. Volume 4, Nomor 1, Tahun Edisi 2021, hlm. 30-40 e-ISSN 2623-033X, p-ISSN 2623-0348

Basrowi, Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya. 2012)

Fachrudin Hasballah, Psikologi Keluarga dalam Islam, (Banda Aceh: Yayasan Pena, 2017)

Hurlock, Elizabeth B. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. (Jakarta : Erlangga, 2016)

Intan Belinda Cahyana, Konseling Individu Terhadap Perempuan Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga di Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (Lk3) Kabupaten Pringsewu Lampung, skripsi, (Lampung: Univerisitas Islam Negeri Raden Intan, 2019)

Komnas Perempuan, Peta Kekerasan, Pengalaman Perempuan Indonesia. Komnas Perempuan, (Jakarta: Komnas Perempuan, 2018)

Komnas Perempuan, Urgensi Mempercepat Optimalisasi dan Efektivitas Pelaksanaan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga Kajian bersama Antar Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI dan Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan didukung oleh UN Women, (Jakarta: Komnas Perempuan, 2018).

Moerti Hadi Soeroso, Kekerasan Dalam Rumah Tangga: Dalam Perspektif Yuridis Viktimologis, (Jakarta: Sinar Grafika,2015)

Prayitno, Erman Amti, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, (Jakarta: Rineka Cipta, 2014)

Robbins, P.Stephen. Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh, (Jakarta: Benyamin Molan. Erlangga, 2016)

Willis, Sofyan.Konseling Individual Teori dan Praktek. (Bandung: Alfabeta,2018)

Downloads

Published

2023-05-17

How to Cite

Yuspita, Y., Sihabudin, A., & Utami Fitri, H. (2023). Penerapan Konseling Individu dengan Teknik Bombardment dalam Meningkatkan Motivasi Hidup Klien “A” Korban KDRT. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(6), 2571–2585. https://doi.org/10.56799/jim.v2i6.1672

Issue

Section

Articles